Lombok Post
Headline Praya

Bangun Mandalika, ITDC Pinjam Rp 3,6 Triliun ke AIIB

JADI PRIMADONA: The Mandalika di Desa Kuta, Pujut Lombok Tengah ini menjadi primadona wisatawan, sehingga setiap harinya selalu ramai, Jumat (16/11) lalu.

PRAYA-Indonesia Tourism Development Corporation resmi meminjam anggaran ke Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Nilainya sebesar 200 juta dolar, atau setara dengan Rp 3,6 triliun, dari total investasi sebesar Rp 4,5 triliun.

“Sisanya, dari dana sendiri. Sumbernya, dari keuntungan usaha di Nusa Dua Bali,” beber Deputi Project Direktor KEK Mandalika H Adi Sujono, Sabtu (8/12) lalu.

Seluruh anggaran tersebut, bebernya lagi akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan fasilitas investasi. Target penyelesaian, enam tahun kedepan. Dimulai tahun 2019, hingga 2024 mendatang. Tahap pertama, disiapkan anggaran sebesar Rp 336 miliar.

Adi mengatakan, kalau semuanya terwujud dan rampung total, maka wajah KEK Mandalika diyakini akan menjadi salah satu ikon pariwisata terabit di Indonesia. Kualitasi infrastruktur jalan dan jembatannya saja, tidak sembarangan. Apalagi, fasilitas pendukungnya. Dengan begitu, para investor pun tidak perlu ragu lagi menanamkan investasinya.

“Total investor yang siap berinvestasi sebanyak 18. 10 investor diantaranya sudah LUDA. Sisanya, baru tandatangan kerja sama,” ujarnya.

Kalau sudah LUDA, tambah Adi mereka tinggal merealisasikan saja investasinya. Masa kontrak dengan para investor tersebut, 30 tahun. Lalu, bisa diperpanjang lagi selama 20 tahun, sehingga total 50 tahun. Itu pun, tergantung dari ITDC sebagai pemilik kawasan. Kalau usaha investor yang dimaksud tidak berkembang, maka mau tidak mau diserahkan ke investor lain.

Adi memperkirakan, nilai investasi dari para investor tersebut, diperkirakan mencapai Rp 20 triliun. Angka itu luar biasa besar, sehingga wajar target PAD bisa menembus Rp 1 triliun per tahun untuk Loteng. “Jadi, mari kita sama-sama mensukseskan pembangunan KEK Mandalika ini,” serunya.(dss/r2)

Berita Lainnya

PAD Lobar Turun Drastis

Redaksi LombokPost

Pendakian Rinjani Dibuka, Warga Gembira

Redaksi LombokPost

Wabup Pathul Minta Genjot Program Kerja

Redaksi LombokPost

Warga Mulai Tempati Risha dan Riko

Redaksi LombokPost

Loteng Butuh Banyak PNS Baru

Redaksi LombokPost

Balap Mobil F1 Digelar 2024?

Redaksi LombokPost

Penanganan Kawasan Kumuh Terkendala Dana

Redaksi LombokPost

ITDC Anggap Lebaran Topat Punya Daya Jual

Redaksi LombokPost

Penyeberangan Kayangan-Poto Tano Kembali Normal

Redaksi LombokPost