Lombok Post
Kriminal

Kejati NTB Selamatkan Uang Negara Rp 4 Miliar

Dedi Irawan

MATARAM-Lebih dari Rp 4 miliar uang hasil korupsi diselamatkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB. Selain Kejati, pemulihan terhadap kerugian negara juga diakumulasi dari puluhan kasus yang ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) se-NTB.

Juru bicara Kejati NTB Dedi Irawan mengatakan, penyelamatan kerugian negara didasarkan pada keputusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. Jaksa menindaklanjutinya dengan melakukan eksekusi terhadap uang pengganti kerugian maupun denda, yang dibebankan kepada para koruptor.

”Total penyelamatan kerugian negara itu mencapai Rp 4,2 miliar, gabungan dari Kejati dan Kejari se-NTB,” kata Dedi.

Dedi mengatakan, sebagian uang kerugian negara diserahkan pelaku korupsi saat kasus berada di tingkat penyidikan. Ada juga penyerahan pengganti kerugian negara yang diberikan ketika mereka duduk sebagai terdakwa dan diadili di Pengadilan Tipikor Mataram.

”Beberapa kasus, uang pengganti kerugian diberikan sebelum vonis hakim dijatuhkan. Penggantian kerugian negara tentu jadi pertimbangan JPU dalam tuntutan, sebagai hal yang meringankan,” ujar dia.

Di tingkat Kejari, penyelamatan uang pengganti kerugian tertinggi terdapat di Kejari Lotim. Nilainya mencapai Rp 1,5 miliar. Selanjutnya, Kejari Mataram sekitar Rp 652 juta; Kejari Sumbawa Rp 427 juta; Kejari Bima Rp 211 juta; Kejari Dompu 200 juta; dan Kejari Lombok Tengah sejumlah Rp 194 juta.

Adapun Kejati, berhasil memulihkan keuangan negara sebanyak Rp 974 juta. Dari jumlah tersebut, Rp 600 juta berasal dari perkara korupsi pengadaan alat peraga berbasis IT di Lombok Utara. Uang Rp 600 juta berasal dari Ni Nengah Sadriyati, tersangka di kasus tersebut.

(dit/r2)

Berita Lainnya

Tak Sungkan Korupsi Rumah Tuhan

Redaksi LombokPost

Dorfin Felix, Bule Penyelundup Narkoba Kabur dari Polda NTB

Redaksi LombokPost

Polisi Gerebek Rumah Bang Jai

Redaksi LombokPost

Sindir Jokowi, Imran Ditangkap Polisi

Redaksi LombokPost

Duit Rehab Masjid Disunat

Redaksi LombokPost

Tiga Siswa Kompak Curi Motor

Redaksi LombokPost

Penyidik Segera Limpahkan Azhar ke JPU

Redaksi LombokPost

Klarifikasi Dana Gempa Tak Hambat Penyaluran

Redaksi LombokPost

Pasal 2 UU Tipikor Hanya Jadi “Hiasan”

Redaksi LombokPost