Lombok Post
Selong

Kuota Haji Lotim 2019 Bertambah

H Azharuddin

SELONG– Kabar baik bagi calon jamaah haji Lotim, kuota haji untuk lotim bertambah. “Tahun ini ada 1121 orang. Ada peningkatan sekitar 40 persen dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Kepala Kemenag Lotim H Azharuddin kemarin, (13/12).

Tahun sebelumnya Lotim memberangkatkan sekitar 800 jamaah haji. Azharuddin menerangkan adanya peningkatan porsi ditentukan provinsi. Satu per seribu, dikalikan jumlah penduduk muslim. Di NTB sendiri sekitar 4,5 juta penduduk muslim mendapat  porsi sekitar 4,5 ribu.

Untuk porsi di setiap kabupaten, didapatkan sesuai dengan urutan pendaftaran. “Jadi tahun ini urutan pendaftarannya kita lebih banyak,” terangnya.

Kata Azharuddin, hampir setiap tahun Lotim berada di posisi tertinggi. Namun hanya tahun kemarin yang sedikit menurun. Menurutnya, semua itu tergantung kesiapan calon jamaah yang ada di Lotim. Dengan kata lain, berbanding lurus dengan tingkat kemajuan perekonomian warga. Misalnya saja hasil panen dan usaha lainnya membaik.

Dengan kenaikan porsi tersebut, pelayanan pun tentu harus ditingkatkan. Ia menerangkan pihaknya menyiapkan persyaratan pembuatan paspor lebih awal. “Karena paspor ini termasuk yang paling utama untuk dibawa. Karena itu dari awal kita sudah siapkan berkas-berkasnya,” ujarnya.

Selain itu, persiapan manasik haji untuk jamaah juga akan ditingkatkan. Untuk kabupaten di seperti biasa dipusatkan di Masjid Agung Selong. Sementara per kecamatan dilaksanakan selama tujuh hari. Biasanya satu kecamatan per satu rombongan. Namun dengan adanya penambahan porsi, bisa jadi bertambah sesuai kebutuhan.

“Untuk pendampingan juga kita bicarakan dari awal. Intinya agar nantinya tidak gelabakan. Yang jelas prosedurnya sudah jelas. Tinggal dilaksanakan,” kata Azharuddin.

Kasi penyelenggara haji dan umroh Kemenag Lotim Makinuddin mengatakan persiapan pembuatan paspor sudah rampung dilaksanakan. “Semua berkas sudah selesai. Tinggal diproses saja. Menunggu panggilan pembuatan,” terangnya.

Maki menerangkan masih ada kemungkinan jumlah kuota akan bertambah. “1.121 itu belum final,” katanya. (tih/r2)

Berita Lainnya

Brigadir Agus Salim, “Radar” Penolong Warga Tak Mampu

Redaksi LombokPost

Pemkab Siap Bangun Infrastruktur Sport Tourism di Bukit Pergasingan

Redaksi LombokPost

Izin PT Temada Tak Bermasalah

Redaksi LombokPost

Izin PA Bisa Lindungi Anak dan Istri

Redaksi LombokPost

Andrea Ardi Ananda, Pustakawan Kebanggaan DPK Lotim (1)

Redaksi LombokPost

Suami yang Dibakar Istri Itu Meninggal

Redaksi LombokPost

Pembangunan SPBU Dihentikan Sementara

Redaksi LombokPost

Tanda Tangan Warga Diduga Dipalsukan

Redaksi LombokPost

ADBMI Bantu Korban Gempa Selama Fase Transisi

Redaksi LombokPost