Lombok Post
Headline Praya

Masih Banyak Warga Loteng Buang Air Besar Sembarangan

Lalu Rahardian

PRAYA-Warga dimana pun berada di Lombok Tengah, diingatkan jangan buang air besar (BAB) sembarangan, di sungai atau di saluran drainase. Karena berbahaya bagi kesehatan.

“Kami pun, sudah melakukan penelitian. Hasilnya, diambang normal,” beber Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Loteng Lalu Rahardian, kemarin (13/12).

Hanya saja, lanjut Rahardian tetap saja warga akan merasakan penyakit. Apalagi, aliran sungai dan drainase itu mengalir dan menyerap ke beberapa sumur warga. Kemudian, ada lagi yang memanfaatkannya untuk mencuci dan mandi.

Yang paling aman, pesannya warga harus BAB di MCK masing-masing. Kemudian, bagi warga di kompleks perumahan agar menjaga instalasi pengolahan air limbah (Ipal), jangan sampai bocor. “Bagi warga di areal sungai Gangga, Sungai Surabaya di Tiwu Galih-Jontlak, tetap waspada,” serunya.

Termasuk, pesannya lagi di bendungan Batujai. Kalau kandungan zat-zat kimia berbahaya seperti, sianida atau merkuri tidak ditemukan. Kecuali, BAB itu saja. “Mari jaga kesehatan dari diri kita sendiri dan lingkungan,” ujar mantan Plt Dinas PUPR Loteng tersebut.

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan penelitian terhadap pencemaran air tersebut, dilakukan dua kali dalam setahun. Saat musim hujan dan musim kemarau. Hasilnya, dijadikan rekomendasi kepada warga dan pihak terkait, agar melakukan langkah antisipasi.

Rahardian pun berharap, aparatur pemerintah desa hingga dusun ikut mensukseskannya. Karena biar bagaimana pun, mereka yang paling bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Mobon dukungannya,” serunya lagi.(dss/r2)

Berita Lainnya

Tak Sungkan Korupsi Rumah Tuhan

Redaksi LombokPost

Komisioner Baru KPU NTB Dilantik Hari Ini

Redaksi LombokPost

Dorfin Felix, Bule Penyelundup Narkoba Kabur dari Polda NTB

Redaksi LombokPost

Izin PT Temada Tak Bermasalah

Redaksi LombokPost

Dana Desa Naik Rp 193,1 Miliar

Redaksi LombokPost

Dana Desa Naik Rp 193,1 Miliar

Redaksi LombokPost

Tiga Pos PMK Belum Berfungsi

Redaksi LombokPost

Mengenal Bobot Maksimum Caleg NasDem

Redaksi LombokPost

Pohon Pelindung Japan Minta Korban

Redaksi LombokPost