Lombok Post
Selong

RT BERIMAN Jadi Kampung Tertib Lalu Lintas

SELAMAT DATANG: Seorang pengendara keluar dari kampung tertib lalu lintas yang merupakan program Satlantas Polres Lotim di Lingkungan Seruni, Kelurahan Selong, kemarin (13/12).

SELONG – Ketua RT 01 Lingkungan Seruni, Kelurahan Selong, L Moh Asli  ingin melihat warganya aman. Karena itu, tak cukup dengan slogan ‘bersih, rapi, indah, dan aman,’ (BERIMAN), kini RT 01 jadi kampung tertib lalu lintas.

“Dengan slogan beriman, kita mengajak warga untuk peduli terhadap lingkungannya,” kata Asli kepada Lombok Post, kemarin (13/12).

Menurut Asli, mungkin keliru jika RT 01 lingkungan seruni disebut sebagai kampung paling aman di Selong. Tapi yang pasti ia terus berusaha menjalankan slogan yang ia buat bersama-sama dengan warga. Kata Asli, kebersihan akan membuat seseorang ingin merapikan diri dan lingkungan. Jika lingkungan sudah indah dan rapi, maka akan ada keindahan.

“Kalau sudah bersih, rapi, dan indah, kita akan bersama-sama menjaganya. Sehingga timbul rasa nyaman dan aman,” terangnya.

Melihat kebersihan tersebut, Satlantas Polres Lotim melirik lingkungannya untuk dijadikan sebagai kampung tertib lalu lintas. Asli menerangkan pihaknya tentu menerima program tersebut.

“Jalan di depan kan kecil. Jadi selain slogan mengenai tertib berlalu lintas, nanti kita juga akan membuat tempat parkir khusus untuk kendaraan,” ujar Asli yang tahun lalu membawa Seruni menjadi juara dua lomba lingkungan tingkat Provinsi.

Selain itu, tantangan menjadi kampung tertib lalu lintas juga tidak mudah. Selain akan menata semua tempat dengan slogan-slogan, ia juga mengatakan harus bisa melaksanakannya. Edukasi terhadap masyarakat menurutnya sangat penting. Sehingga program tersebut tidak hanya nama belaka.

“Jika kita sudah benar-benar menjadi kampung tertib lalu lintas, tidak boleh ada warga yang kena tilang. Karena kalau ada, maka kita gagal,” ujar Asli.

Kasatlantas AKP Ryan Faisal menerangkan program kampung tertib lalu lintas bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Adapun RT 01 lingkungan seruni dipilih justru berdasarkan kebersihan lingkungan tersebut.

“Jadi kita melihat antusiasme pak RT yang sangat bagus. Itu juga yang memotivasi kita untuk bersama-sama membangun kampung sebagai sarana edukasi,” terang AKP Ryan. (tih/r2)

Berita Lainnya

Penyeberangan Kayangan-Poto Tano Kembali Normal

Redaksi LombokPost

JCH Lotim Naik 40 Persen

Redaksi LombokPost

Satpol PP Sasar Taman Tugu Selong

Redaksi LombokPost

Pesta Pantai Labuhan Haji Diserbu Pengunjung

Redaksi LombokPost

Arus Balik Lebaran 2019, Antrean Panjang di Kayangan dan Poto Tano

Redaksi LombokPost

Hearing Buntu, Aldi Tempuh Jalur Hukum

Ramai-ramai Berburu Takjil

Gara-Gara Kritis, Aldi Tak Diluluskan Sekolah

Dua Pelaku Curas Tertangkap, Dua Masih Buron

Redaksi LombokPost