Lombok Post
NTB

Begal Turis di Selatan Harus Ditindak

H Zulkieflimansyah

MATARAM-Begal kembali bereaksi di Lombok Tengah. Korbannya lagi-lagi wisatawan mancanegara. Laura Spangsberg, 24 tahun asal Denmark ditebas pelaku saat dalam perjalanan di jalan raya Sangketan, Lombok Tengah, Sabtu (15/12). Korban selamat namun lengannya kena luka tebas.

Gubernur NTB H Zukieflimansyah sangat menyesalkan masih adanya kasus pembegalan turis. Ia mengaku sangat prihatin dengan kasus-kasus seperti itu. Untuk menghentikan kasus tersebut, butuh kesadaran luar biasa dari semua pihak. ”Ini (wisatawan) tamu kita harus kita perlakukan dengan baik,” tegasnya.

Kata dia, bila orang merasa tidak aman dan nyaman lagi datang ke NTB, implikasinya akan besar. Terlebih saat ini, dibutuhkan upaya ekstra untuk membangkitkan dunia pariwisata yang terpuruk pascagempa. Menjadi tanggung jawab sosial bersama untuk menciptakan situasi yang aman dan nyaman. ”Kita harus tunjukkan keramahan pada tamu,” imbuhnya.

Mengingat persoalan itu sangat serius dan bisa mengancam industri pariwisata, gubernur berencana akan berkoordinasi langsung dengan Kapolda NTB dan Kapolres Lombok Tengah. Harapannya ada upaya bersama yang lebih serius untuk menanganai masalah kemanan.

Kepala Dinas Pariwisata NTB H Lalu Mohammad Faozal ikut geram. Ia meminta kepada polisi segera menangkap pelaku dan memamerkan di hadapan publik. “Biar ada efek jeranya,” kata Faozal.

Aksi pembegalan wisatawan asing di Lombok Tengah sangat merugikan daerah. Itu semakin memperburuk citra pariwisata NTB yang coba bangkit pascagempa. Karena itu, Faozan berharap pelaku ditindak tegas. Para pelaku kejahatan menurut tidak perlu diberikan ampun. “Ini sudah kesekian kalinya,” ujar Faozal.

Menurut dia,  menjaga keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang datang adalah tugas bersama. Tidak hanya polisi, tetapi juga pemerintah dan masyarakat. Bila kompak, pelaku kejahatan tidak akan berani. “Tapi kami jamin Lombok aman dikunjungi,”  tandasnya. (ili/r7)

Berita Lainnya

217 Ribu Anak Belum Punya Akta Kelahiran

Redaksi LombokPost

ITDC Akan Pasang Sembilan Alat Pendeteksi Tsunami

Redaksi LombokPost

Pemprov Lobi Lion Air dan Garuda

Redaksi LombokPost

Anggaran Minim, Perbaikan Infrastruktur Tersendat

Redaksi LombokPost

NTB di Atas Target Rata-rata Nasional

Redaksi LombokPost

Pemprov dan Pemkab Loteng Angkat Tangan

Redaksi LombokPost

Ritel Wakaf Pelopor Kebangkitan Ekonomi

Redaksi LombokPost

2018, Penjualan Listrik Naik Enam Persen

Redaksi LombokPost

Stok Obat ARV Masih Aman

Redaksi LombokPost