Lombok Post
Headline Politika

KPU NTB Gelar Cerdas Cermat Pemilu bagi Pemilih Pemula

LURUSKAN INFORMASI: Komisioner KPU NTB Divisi Teknis Suhardi Soud (kanan) saat menjelaskan soal kotak suara berbahan karton kedap air kepada pemilih pemula, kemarin.

MATARAM– Jelang pemilu 2019, KPU makin gencar melakukan sosialisasi. Tak hanya pola konvensional, KPU juga melakukan cara-cara baru.

Salah satunya cerdas cermat pemilu 2019 yang digelar di Lombok Epicentrum Mall, kemarin. Acara ini menyasar kalangan pelajar SMA sederajat. Pesertanya berasal dari sepuluh kabupaten/kota.

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori mengatakan cerdas cermat ini salah satu model pendidikan pemilih. Ini lebih masif karena melibatkan pemilih pemula dari kalangan pelajar yang berasal dari sepuluh kabupaten/kota. ”Kegiatan ini diformat seperti kuis milenial, tidak seperti cerdas cermat pada umumnya,” ujarnya.

Tak lupa dia mengapresiasi antusiasme pelajar dari sepuluh kabupaten/kota yang mengirimkan banyak perwakilan. Selain memperoleh ilmu terkait pemilu 2019, peserta juga akan mendapatkan tabungan pendidikan serta piagam.

Pemilih pemula memang menjadi sasaran KPU untuk mensosilisasikan tahapan dan mekanisme pemilu 2019. Karena jika melihat data , jumlahnya snagat besar. Pemilih pemula sejak pilgub NTB 2018 mencapai 300 ribu lebih, sekarang hampir 400 ribu.

Dalam kegiatan ini, KPU juga mensosialisasikan sejumlah kerawanan yang bisa terjadi dalam pemilu. Misalnya informasi hoax dan politik uang. ”Pemilih pemula masih bersih dari ruang-ruang yang belum tercemar dengan praktik politik kotor. Jadi mereka juga perlu mengetahui apa saja yang rawan dalam pemilu,” tandasnya. (puj/r4)

Berita Lainnya

Tak Sungkan Korupsi Rumah Tuhan

Redaksi LombokPost

Komisioner Baru KPU NTB Dilantik Hari Ini

Redaksi LombokPost

Dorfin Felix, Bule Penyelundup Narkoba Kabur dari Polda NTB

Redaksi LombokPost

Izin PT Temada Tak Bermasalah

Redaksi LombokPost

Panwsacam Ampenan Perpanjang Kontrak Staf

Redaksi LombokPost

Dana Desa Naik Rp 193,1 Miliar

Redaksi LombokPost

Dana Desa Naik Rp 193,1 Miliar

Redaksi LombokPost

Pohon Pelindung Japan Minta Korban

Redaksi LombokPost

Zakiy Mubarok, Bangun Kesadaran Kolektif Pentingnya Politik

Redaksi Lombok Post