Lombok Post
Headline Politika

KPU NTB Gelar Cerdas Cermat Pemilu bagi Pemilih Pemula

LURUSKAN INFORMASI: Komisioner KPU NTB Divisi Teknis Suhardi Soud (kanan) saat menjelaskan soal kotak suara berbahan karton kedap air kepada pemilih pemula, kemarin.

MATARAM– Jelang pemilu 2019, KPU makin gencar melakukan sosialisasi. Tak hanya pola konvensional, KPU juga melakukan cara-cara baru.

Salah satunya cerdas cermat pemilu 2019 yang digelar di Lombok Epicentrum Mall, kemarin. Acara ini menyasar kalangan pelajar SMA sederajat. Pesertanya berasal dari sepuluh kabupaten/kota.

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori mengatakan cerdas cermat ini salah satu model pendidikan pemilih. Ini lebih masif karena melibatkan pemilih pemula dari kalangan pelajar yang berasal dari sepuluh kabupaten/kota. ”Kegiatan ini diformat seperti kuis milenial, tidak seperti cerdas cermat pada umumnya,” ujarnya.

Tak lupa dia mengapresiasi antusiasme pelajar dari sepuluh kabupaten/kota yang mengirimkan banyak perwakilan. Selain memperoleh ilmu terkait pemilu 2019, peserta juga akan mendapatkan tabungan pendidikan serta piagam.

Pemilih pemula memang menjadi sasaran KPU untuk mensosilisasikan tahapan dan mekanisme pemilu 2019. Karena jika melihat data , jumlahnya snagat besar. Pemilih pemula sejak pilgub NTB 2018 mencapai 300 ribu lebih, sekarang hampir 400 ribu.

Dalam kegiatan ini, KPU juga mensosialisasikan sejumlah kerawanan yang bisa terjadi dalam pemilu. Misalnya informasi hoax dan politik uang. ”Pemilih pemula masih bersih dari ruang-ruang yang belum tercemar dengan praktik politik kotor. Jadi mereka juga perlu mengetahui apa saja yang rawan dalam pemilu,” tandasnya. (puj/r4)

Berita Lainnya

Pemalsuan Data Tes P3K Mencuat

Redaksi LombokPost

Menang Survei, TKD Makin Pede

Redaksi LombokPost

Wajib Ain, Peserta Pemilu Taati Aturan

Redaksi LombokPost

Delapan WNA Amerika Dideportasi

Redaksi LombokPost

Sakit Hati, Somad Kuras Barang Tetangga

Redaksi LombokPost

Ibu Rumah Tangga Terima Paket Sabu

Redaksi LombokPost

Yuk..!! Kenali Visi Caleg Muda Ampenan, Budi Satriawan

Redaksi Lombok Post

RS Internasional Mandalika Telan Rp 112 Miliar

Redaksi LombokPost

Camat Prabarda Akan Diberhentikan Sementara

Redaksi LombokPost