Lombok Post
Tanjung

Jatah BPNT Harus Dihabiskan

ANGKUT RASTRA: Salah seorang warga tengah mengangkut jatah rastra di depan Kantor Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, beberapa waktu lalu.

TANJUNG-Tahun depan, sistem pembagian beras sejahtera (rastra) di Kabupaten Lombok Utara (KLU) akan berubah. Sebelumnya rastra diberikan dalam bentuk beras. Tahun depan sistem penyalurannya diganti menjadi bantuan pangan non tunai (BPNT). Bantuan tersebut akan disalurkan ke rekening masing-masing penerima yang dapat ditukarkan dengan kartu combo.

“(Kartu combo) ini yang dibelanjakan di E-Warong (elektronik warung gotong royong), di mana warga bisa membeli sejumlah kebutuhan pokok, termasuk beras,” ujar Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) KLU Itradi, belum lama ini.

Ia menuturkan, sistem ini rencananya mulai diterapkan mulai tahun depan. Sistem ini diterapkan, agar bantuan sosial ini lebih tepat sasaran. Sebab selama ini, distribusi rasta, dinilainya banyak yang tidak sampai pada keluarga penerima manfaat (KPM)

Ia melanjutkan, nantinya untuk KPM akan menggunakan kartu combo ini untuk berbelanja di E-Warong. Mereka bisa membeli sejumlah kebutuhan pokok. Seperti beras, minyak, telur, dan gula.

“Setiap bulan, KPM ini, harus membelanjakan jatah yang dibagikan itu,” katanya.

Jika tidak digunakan dalam sebulan, maka bulan berikutnya jatah untuk KPM tersebut dianggap hangus. Karenanya, pihaknya berharap, agar KPM segera membelanjakan seluruh jatah bantuan yang diteimanya.

“Sebab jika tidak dibelanjakan, sama artinya tidak mau lagi menerima bantuan,” tukasnya.

Ia mengungkapkan, nilai uang yang diterima masing-masing KPM perbulan adalah Rp 110 ribu. Sejauh ini jumlah penerima rastra di KLU sebanyak 33.755 warga.

Terkait E-Warong nantinya, Itradi mengatakan, tidak harus bekerja sama dengan distributor besar.  Pemkab nantinya bisa bekerja sama dengan pedagang di sejumlah pasar lokal. Tujuannya agar terjadi perputaran ekonomi di dalam daerah. (fer/r3)

Berita Lainnya

Bupati KLU Segera Surati Presiden Terkait Mahalnya Bagasi Pesawat

Redaksi LombokPost

Fasilitas Dermaga Harus Dibenahi

Redaksi LombokPost

Wabup Tidak Banyak Tahu Pergantian Direktur RSUD

Redaksi LombokPost

Bawaslu KLU Temukan Indikasi Pemilih Ganda

Redaksi LombokPost

DP2KBPMD Tingkatkan Kapasitas UUKS

Redaksi LombokPost

Retribusi IMTA Diambil Alih Pusat

Redaksi LombokPost

Proyek Harus Libatkan TP4D

Redaksi LombokPost

DLHPKP Percantik Armada Pengangkutan Sampah

Redaksi LombokPost

Mutasi Direktur RSUD Diwarnai Penolakan

Redaksi LombokPost