Lombok Post
Tanjung

Jatah BPNT Harus Dihabiskan

ANGKUT RASTRA: Salah seorang warga tengah mengangkut jatah rastra di depan Kantor Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, beberapa waktu lalu.

TANJUNG-Tahun depan, sistem pembagian beras sejahtera (rastra) di Kabupaten Lombok Utara (KLU) akan berubah. Sebelumnya rastra diberikan dalam bentuk beras. Tahun depan sistem penyalurannya diganti menjadi bantuan pangan non tunai (BPNT). Bantuan tersebut akan disalurkan ke rekening masing-masing penerima yang dapat ditukarkan dengan kartu combo.

“(Kartu combo) ini yang dibelanjakan di E-Warong (elektronik warung gotong royong), di mana warga bisa membeli sejumlah kebutuhan pokok, termasuk beras,” ujar Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) KLU Itradi, belum lama ini.

Ia menuturkan, sistem ini rencananya mulai diterapkan mulai tahun depan. Sistem ini diterapkan, agar bantuan sosial ini lebih tepat sasaran. Sebab selama ini, distribusi rasta, dinilainya banyak yang tidak sampai pada keluarga penerima manfaat (KPM)

Ia melanjutkan, nantinya untuk KPM akan menggunakan kartu combo ini untuk berbelanja di E-Warong. Mereka bisa membeli sejumlah kebutuhan pokok. Seperti beras, minyak, telur, dan gula.

“Setiap bulan, KPM ini, harus membelanjakan jatah yang dibagikan itu,” katanya.

Jika tidak digunakan dalam sebulan, maka bulan berikutnya jatah untuk KPM tersebut dianggap hangus. Karenanya, pihaknya berharap, agar KPM segera membelanjakan seluruh jatah bantuan yang diteimanya.

“Sebab jika tidak dibelanjakan, sama artinya tidak mau lagi menerima bantuan,” tukasnya.

Ia mengungkapkan, nilai uang yang diterima masing-masing KPM perbulan adalah Rp 110 ribu. Sejauh ini jumlah penerima rastra di KLU sebanyak 33.755 warga.

Terkait E-Warong nantinya, Itradi mengatakan, tidak harus bekerja sama dengan distributor besar.  Pemkab nantinya bisa bekerja sama dengan pedagang di sejumlah pasar lokal. Tujuannya agar terjadi perputaran ekonomi di dalam daerah. (fer/r3)

Berita Lainnya

Atlet Berprestasi Terima Bonus

Redaksi LombokPost

Polres Lombok Utara Tuntaskan 65 Persen Kasus Pidana

Redaksi LombokPost

Pastrnak scores with twelve seconds still left, Bruins edge Stars

Redaksi Lombok Post

Gili Strong Bangkitkan Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masuk DPT tapi Belum Rekam E-KTP

Redaksi LombokPost

50 Orang Dilatih Jadi Aplikator Risha

Redaksi LombokPost

Rekruitmen P3K Diharapkan Bisa Mulai Tahun Depan

Redaksi LombokPost

Kantor Sementara DPRD Mulai Dibangun

Redaksi LombokPost

Warga Dusun Boyotan Terancam Tak Dapat Rp 50 Juta

Redaksi LombokPost