Lombok Post
NTB

Aset Rp 18 Miliar Masih Menganggur

H Lalu Bayu Windia

MATARAM-Terminal Haji NTB belum juga dimanfaatkan. Meski perbaikan gedung sudah selesai, bangunan yang menghabiskan dana hingga Rp 18 miliar lebih itu belum juga berfungsi. Pantauan Lombok Post, terminal itu masih berdiri tegak di area Lombok International Airport (LIA). Namun tidak ada aktivitas.

            Terkait itu, Kepala Dinas Perhubungan NTB H Lalu Bayu Windia menjelaskan, terminal haji akan tetap dipakai untuk keperluan jamaah haji. Saat ini perbaikan gedung tersebut sudah rampung, sehingga siap dioperasikan. Tapi di luar itu, ada beberapa opsi untuk pengoperasiannya. Salah satunya dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

”Mungkin nanti kerja sama dengan swasta, tapi fungsi utama sebagai terminal haji tetap,” kata Bayu.

Bayu menargetkan, musim haji tahun depan terminal itu akan dipakai bagi jamaah. Pemprov akan membangun koordinasi dengan otoritas bandara PT Angkasa Pura I dan Kementerian Agama (Kemenag) NTB untuk pemanfaatan terminal.

Koordinasi itu sangat penting karena dua instansi itu yang berperan penting dalam pemberangkatan jamaah haji. Keberadaan terminal penting sebagai tempat peristirahatan para jamaah sebelum terbang. Setelah naik bus jamaah tidak bisa keluar masuk, sehingga mereka yang ingin ke toilet, salat Subuh dan keperluan lainnya agak sulit.

”Menurut kami ini kurang nyaman, dengan asrama haji nanti mereka di situ, mau ke belakang, salat, toilet masih bisa,” ujarnya.

Bayu berharap pada pengiriman haji tahun 2019, terminal bisa dipakai, sehingga pelayanan jamaah haji semakin optimal. ”Kali ini insya Allah dipakai,” ujarnya.

Proyek terminal haji dibangun dari tahun 2010 hingga 2014 menghabiskan dana Rp 15,6 miliar lebih. Namun setelah rampung terminal tidak pernah dioperasikan. Tahun 2017, pemprov kembali mengalokasikan dana Rp 3 miliar untuk memperbaiki semua fasilitas yang rusak. Tahun ini, Dinas Perhubungan menambahkan mebeler dan asesoris ruangan. (ili/r7)

Berita Lainnya

Sumbawa Akhirnya Nikmati Elpiji Subsidi

Redaksi LombokPost

Dirut PT GNE Dicopot

Redaksi LombokPost

Mentan Tetapkan Wabah Rabies di Pulau Sumbawa

Redaksi LombokPost

Gubernur Kantongi Dua Nama Calon Kepala Biro

Redaksi LombokPost

Penutupan Pendakian Rinjani Bisa Lebih Lama

Redaksi LombokPost

Perdagangan Ilegal Ancam Satwa NTB

Redaksi LombokPost

Jangan Endapkan Dana Desa!

Redaksi LombokPost

Pemprov Ikat Bupati dan Wali Kota Wajib Jalankan Program Zero Waste

Redaksi LombokPost

Ayo Liburan ke Pulau Moyo!

Redaksi LombokPost