Lombok Post
Headline Politika

Bawaslu Libatkan Ratusan Relawan Pengawas Pemilu

LEPAS: Komisioner Bawaslu NTB Divisi Sengketa Yuyun Nurul Azmi melepas relawan pengawas pemilu dalam jalan santai yang dirangkaikan dengan deklarasi pemilu damai, kemarin.

MATARAM-Untuk mengawasi proses pemilu 2019, Bawaslu melibatkan relawan pengawas pemilu. Di Mataram dilibatkan 250 orang yang selain membantu melakukan pengawasan, juga mengenalkan tugas Bawaslu.

Ketua Bawaslu Mataram Hasan Basri mengatakan relawan pengawas ini tersebar di enam kecamatan di Mataram. Tugasnya, mulai dari kampanye sampai proses pemungutan dan penghitungan suara nanti. ”Pengawasan tidak hanya dilakukan Bawaslu dan jajaran. Tapi seluruh elemen masyarakat juga harus ambil bagian,” ujarnya usai membuka deklarasi pemilu damai di Jalan Udayana, kemarin.

Relawan pengawas pemilu ini juga sudah menyatakan sikap untuk menolak politik uang dan politisasi SARA. Juga menolak segala bentuk ancaman kekerasan dalam pemilu, menolak hoax dan ujaran kebencian. Tak ketinggalan menolak segala bentuk kecurangan. ”Ratusan relawan ini berasal dari unsur pelajar, pemuda, dan mahasiswa,” paparnya.

Terkait kegiatan deklarasi pemilu damai, Hasan menjelaskan ada tiga poin penting yang disosialisasikan relawan pengawas pemilu kepada masyarakat. Yakni tolak politik uang, tolak politisasi SARA, dan mengawasi netralitas penyelenggara pemilu 2019. ”Kami berharap seluruh pengawas mulai dari Bawaslu hingga jajarannya terus memberikan informasi dalam rangka melakukan pencegahan, pengawasan, dan penindakan,” katanya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu NTB Divisi Sengketa Yuyun Nurul Azmi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Bawaslu Mataram. Menurutnya kegiatan itu sangat bermanfaat untuk mengenalkan tugas Bawaslu dan jajarannya kepada masyarakat. ”Kegiatan ini bagus untuk menyukseskan pemilu 2019,” katanya.

Menurut Yuyun, politik harus mampu mewujudkan demokrasi bermartabat yang murni diperoleh dari pilihan rakyat. Sehingga sosialisasi terkait kerawanan yang bisa terjadi selama proses pemilu penting dilakukan. ”Kami juga mengimbau peserta pemilu untuk melaksanakan kampanye yang elok dan sesuai aturan. Agar pemilu 2019 berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya. (puj/r4)

Berita Lainnya

Sukseskan Pemilu, KPU Gelar Tiga Event

Redaksi LombokPost

Untuk NTB, Minimal Jokowi Patok 50 Persen Suara

Redaksi LombokPost

KPU NTB Tetapkan DPTb , Jumlah Pemilih Berkurang

Redaksi LombokPost

Polisi Akhirnya Turun Tangan Tertibkan Galian C Ilegal

Redaksi LombokPost

Reliji Bertekad Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Redaksi LombokPost

Subuhunnuri Serukan Hindari Ujaran Kebencian

Redaksi LombokPost

Irzani Ancam Kader NW yang Tak Dukung Jokowi-Ma’ruf

Redaksi LombokPost

Jaringan Irigasi Jangan Dikorupsi!

Redaksi LombokPost

Taufik Rusdi Terus Bernyanyi

Redaksi LombokPost