Lombok Post
Selong

Pemuda Desa Harus Berdaya Saing

Syamsul Hadi

SELONG-Para calon legislatif (caleg) hadir membawa langkah kemajuan. Karena itu, mereka berangkat dari pengamatan atas kondisi masyarakat. Khususnya yang mereka wakili di dapil masing-masing.

Langkah dan pandangan tersebut disarikan menjadi konsep gerakan menuju perubahan. Karena itu, suara tersebut tentu patut untuk didengarkan.

Caleg DPRD Lotim dapil 1 Syamsul Hadi mengatakan, akan konsentrasi pada pengembangan generasi muda pedesaan. “Agar tidak terkesan setelah lulus sekolah langsung mengarah ke luar negeri menjadi TKI atau TKW,” kata Hadi kepada Lombok Post.

Pengembangan tersebut diharapkan mampu mencetak pemuda yang berdaya saing. Khususnya dengan tuntutan perkembangan zaman. Misalnya, kemampuan untuk bersinergi dengan program pemerintah.

“Bentuknya bisa apa saja. Apakah membentuk kelompok usaha pemuda produktif, atau menunjukkan potensi individu,” paparnya.

Menuju langkah pengembangan tersebut, Hadi mengatakan, caleg harus mampu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Caranya dengan menyajikan politik yang santun. Di dalamnya terdapat bagi ide dan gagasan.

“Dengan harapan pemuda tidak terjebak pada politik praktis yang konsumtif dan bersifat sesaat,” tegas caleg dari Partai Nasdem itu.

Di samping itu, pembinaan UMKM di masing-masing desa perlu menjadi perhatian khusus sebagai wadah berkembangnya masyarakat. Baik dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya. Hadi menegaskan, potensi tersebut yang selama ini seringkali luput dari perhatian para wakil rakyat.

“Intinya kita harus melakukan pembinaan terhadap pemuda. Baik yang ada di kota wabilkhusus desa,” terang caleg nomor urut lima itu.

Selanjutnya, barulah memberikan perhatian penuh terhadap keberlangsungan UMKM. Baik yang berskala kecil atau pun menengah. (tih/r7)

Berita Lainnya

Serah Terima Surat SuaraTunggu Penyortiran dan Pelipatan

Redaksi LombokPost

Destinasi Wisata di Sembalun Belum Direhab, Diguncang Gempa Lagi

Redaksi LombokPost

Rekompak: Konstruksi RTG yang Rusak Akibat Gempa Belum Sempurna

Redaksi LombokPost

Gempa Tak Ganggu Ujian Nasional

Redaksi LombokPost

Dapur Umum Rumahan ala Pengungsi Desa Pesanggrahan, Montong Gading

Redaksi LombokPost

Korban Gempa Butuh Terpal dan Trauma Healing

Redaksi LombokPost

OPD Harus Pahami Visi Misi Bupati

Redaksi LombokPost

Ketika Pasar Srikaya Saleh Sungkar Berpindah ke Pancor

Redaksi LombokPost

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Diprediksi Terus Bertambah

Redaksi LombokPost