Lombok Post
Selong

Pemuda Desa Harus Berdaya Saing

Syamsul Hadi

SELONG-Para calon legislatif (caleg) hadir membawa langkah kemajuan. Karena itu, mereka berangkat dari pengamatan atas kondisi masyarakat. Khususnya yang mereka wakili di dapil masing-masing.

Langkah dan pandangan tersebut disarikan menjadi konsep gerakan menuju perubahan. Karena itu, suara tersebut tentu patut untuk didengarkan.

Caleg DPRD Lotim dapil 1 Syamsul Hadi mengatakan, akan konsentrasi pada pengembangan generasi muda pedesaan. “Agar tidak terkesan setelah lulus sekolah langsung mengarah ke luar negeri menjadi TKI atau TKW,” kata Hadi kepada Lombok Post.

Pengembangan tersebut diharapkan mampu mencetak pemuda yang berdaya saing. Khususnya dengan tuntutan perkembangan zaman. Misalnya, kemampuan untuk bersinergi dengan program pemerintah.

“Bentuknya bisa apa saja. Apakah membentuk kelompok usaha pemuda produktif, atau menunjukkan potensi individu,” paparnya.

Menuju langkah pengembangan tersebut, Hadi mengatakan, caleg harus mampu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Caranya dengan menyajikan politik yang santun. Di dalamnya terdapat bagi ide dan gagasan.

“Dengan harapan pemuda tidak terjebak pada politik praktis yang konsumtif dan bersifat sesaat,” tegas caleg dari Partai Nasdem itu.

Di samping itu, pembinaan UMKM di masing-masing desa perlu menjadi perhatian khusus sebagai wadah berkembangnya masyarakat. Baik dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya. Hadi menegaskan, potensi tersebut yang selama ini seringkali luput dari perhatian para wakil rakyat.

“Intinya kita harus melakukan pembinaan terhadap pemuda. Baik yang ada di kota wabilkhusus desa,” terang caleg nomor urut lima itu.

Selanjutnya, barulah memberikan perhatian penuh terhadap keberlangsungan UMKM. Baik yang berskala kecil atau pun menengah. (tih/r7)

Berita Lainnya

Dikbud Gagalkan Pernikahan Dini Jelang UN

Redaksi LombokPost

M Rido Abdillah, Penderita Tumor Ganas di Rahang dan Mata

Redaksi LombokPost

Mengintip Aktivitas Napi di Rutan Kelas IIB Selong

Redaksi LombokPost

Penyeberangan Kayangan-Poto Tano Kembali Normal

Redaksi LombokPost

JCH Lotim Naik 40 Persen

Redaksi LombokPost

Satpol PP Sasar Taman Tugu Selong

Redaksi LombokPost

Pesta Pantai Labuhan Haji Diserbu Pengunjung

Redaksi LombokPost

Arus Balik Lebaran 2019, Antrean Panjang di Kayangan dan Poto Tano

Redaksi LombokPost

Hearing Buntu, Aldi Tempuh Jalur Hukum