Lombok Post
Headline Praya

Jaksa Ampuni Koruptor Kecil

Ely Rahmawati

PRAYA-Kerugian negara, akibat tindak pidana korupsi di bawah Rp 50 juta, disepakati dikembalikan saja ke kas negara. Kajaksaan Negeri (Kejari) Lombok Tengah pun, memberikan maaf bagi mereka yang melakukannya.

“Tapi, kalau sudah berkali-kali, maka tidak ada kata maaf. Apalagi, yang dikorupsi nilainya besar,” tegas Kepala Kejari Loteng Ely Rahmawati, kemarin (4/1).

Ely mengatakan, kebijakan tersebut diterapkan, karena jangan sampai anggaran untuk penyelidikan, penyidikan hingga penuntutan lebih besar, dari pada anggaran yang dikorupsi. Kendati demikian, jaksa tetap melakukan langkah pencegahan, melalui program tim pengawal, pengaman pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D).

Kebijakan itu juga, diakuinya telah dikoordinasikan dengan Inspektorat setempat. Dengan harapan, begitu uang dikembalikan, mereka melakukan pembinaan dan pengawasan melekat. “Persoalan yang satu ini, biasanya terjadi ditingkat desa,” ujar Ely.

Jadi, pesannya seluruh kepala desa (Kades) di Loteng, harus memperhatikan sistem pengelolaan dan penggunaan anggaran program kerja, dengan yang baik dan benar. Mengikuti aturan hukum yang berlaku, mengedepankan keterbukaan dan tanggung jawab. Baik yang bersumber dari dana desa, maupun alokasi dana desa (ADD).

Jika ada hal yang dirasa membingungkan, dikhawatirkan dan dikakutkan, pesan Ely sebaiknya ditanyakan langsung ke jaksa, atau Inspektorat. Jangan gegabah asal menyetujui, menandatangani dan atau mengesahkan. “Intinya, kami ingin menyelematkan uang negara. Itu yang utama,” tegasnya lagi.(dss/r2)

Berita Lainnya

PAD Lobar Turun Drastis

Redaksi LombokPost

Pendakian Rinjani Dibuka, Warga Gembira

Redaksi LombokPost

Wabup Pathul Minta Genjot Program Kerja

Redaksi LombokPost

Warga Mulai Tempati Risha dan Riko

Redaksi LombokPost

Loteng Butuh Banyak PNS Baru

Redaksi LombokPost

Balap Mobil F1 Digelar 2024?

Redaksi LombokPost

Penanganan Kawasan Kumuh Terkendala Dana

Redaksi LombokPost

ITDC Anggap Lebaran Topat Punya Daya Jual

Redaksi LombokPost

Penyeberangan Kayangan-Poto Tano Kembali Normal

Redaksi LombokPost