Lombok Post
Headline Praya

Loteng Ubah Nama Dua Dinas

HM Nursiah

PRAYA-Beberapa nama Satuan Kerja Pelayan Masyarakat (SKPM) lingkup Pemkab Lombok Tengah, akan diubah dan disesuaikan. Namun, bukan dikurangi, apalagi ditambah. Diantaranya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

“Kedepan, namanya hanya Dinas Pariwisata (Dispar) saja. Dengan begitu, dinas yang satu itu fokus mengurus pariwisata,” beber Sekda Loteng HM Nursiah, Sabtu (5/1) lalu.

Nama kebudayaan pun, terang Nursiah akan diambil Dinas Pendidikan (Disdik), sehingga menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). “Perubahan, masih dalam draf,” beber mantan Asisten III Setda Loteng tersebut.

Kemudian, lanjutnya UPT Disdik yang berkedudukan di 12 kecamatan diseluruh Loteng, akan dihapus. Seluruh pejabat dan pegawainya pun, akan ditarik ke Pemkab dan atau dinas terkait. Selain itu, ada juga SKPM yang akan menyesuakan tugas dan fungsinya. Misalnya, urusan penerangan jalan, apakah Dinas Perhubungan atau Dinas Perkim.

Lalu, urusan ruang terbuka hijau (RTH), apakah Dinas Lingkungan Hidup atau Dinas Perkim. Prinsipnya, tekan orang nomor satu dijajaran birokrasi Loteng tersebut, tidak ada tumpang tindih. Yang ada, penyempurnaan saja, sehingga program kerja SKPM lebih fokus, terarah dan tercapai. Khususnya, dalam penanganan kemiskinan.

“Di gabung atau tidaknya, kami tetap dan selalu siap melaksanakan perintah,” sambung Kepala Disdik Loteng H Sumum, terpisah.

“Begitu pula kami. Tapi, sebenarnya antara kebudayaan dan pariwisata itu, seiring dan sejalan,” tambah Kepala Dinas Budpar Loteng HL Muhammad Putria.(dss/r2)

Berita Lainnya

PAD Lobar Turun Drastis

Redaksi LombokPost

Pendakian Rinjani Dibuka, Warga Gembira

Redaksi LombokPost

Wabup Pathul Minta Genjot Program Kerja

Redaksi LombokPost

Warga Mulai Tempati Risha dan Riko

Redaksi LombokPost

Loteng Butuh Banyak PNS Baru

Redaksi LombokPost

Balap Mobil F1 Digelar 2024?

Redaksi LombokPost

Penanganan Kawasan Kumuh Terkendala Dana

Redaksi LombokPost

ITDC Anggap Lebaran Topat Punya Daya Jual

Redaksi LombokPost

Penyeberangan Kayangan-Poto Tano Kembali Normal

Redaksi LombokPost