Lombok Post
Politika

KPU Janji Layani 8.000 Pemilih Disabilitas

Yan Marlie

MATARAM-KPU NTB siap melayani pemilih disabilitas yang sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilu. Daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP-2) NTB berjumlah 3.667.253 orang. Dari jumlah tersebut ada ribuan pemilih disabilitas.

       ”Kita sudah akomodir pemilih disabilitas sejak pilkada lalu. Jumlah pemilih disabilitas untuk pemilu nanti mencapai 8.365 orang,” ujar Komisioner KPU NTB Divisi SDM dan Parmas Yan Marlie, kemarin.

       Dia merincikan pemilih disabilitas yang sudah masuk dalam DPTHP-2 terdiri dari 2.368 tunadaksa, 1.784 tunanetra, 2.065 tunarungu, 1.063 tunagrahita, dan penyandang disabilitas lainnya sebanyak 1.085 orang. ”Pemilih disabilitas ini tentu sudah terdata dimana akan memilih nantinya,” katanya.

       Berbagai langkah persiapan juga sudah dilakukan KPU beserta jajarannya. Karena pemilih disabilitas menjadi fokus khusus KPU, agar penyiapan sarana yang dibutuhkan penyandang disabilitas terpenuhi.

       Misalnya penyediaan akses bagi pemilih disabilitas tunadaksa. TPS yang memiliki daftar pemilih disabilitas tunadaksa, tentu harus menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai. Harus ada ruang bagi pemilih disabilitas ini.

Kemudian untuk pemilih tunanetra, KPU juga menyediakan surat suara khusus dengan huruf braile. ”Jangan sampai TPS yang memiliki pemilih disabilitas, disamakan dengan TPS normal,” katanya.

       Sementara itu, dari data KPU RI, jumlah pemilih disabilitas di seluruh Indonesia yang sudah masuk dalam DPT sebanyak 363.200 (0,191 persen dari DPT). Terdiri dari 54.295 tunagrahita, 100.765 tunadaksa, 61.899 tunanetra, 68.246 tunarungu, dan 77.995 penyandang disabilitas lainnya. (puj/r4)

Berita Lainnya

Sukseskan Pemilu, KPU Gelar Tiga Event

Redaksi LombokPost

Untuk NTB, Minimal Jokowi Patok 50 Persen Suara

Redaksi LombokPost

KPU NTB Tetapkan DPTb , Jumlah Pemilih Berkurang

Redaksi LombokPost

Reliji Bertekad Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Redaksi LombokPost

Subuhunnuri Serukan Hindari Ujaran Kebencian

Redaksi LombokPost

Irzani Ancam Kader NW yang Tak Dukung Jokowi-Ma’ruf

Redaksi LombokPost

Menang Survei, TKD Makin Pede

Redaksi LombokPost

Wajib Ain, Peserta Pemilu Taati Aturan

Redaksi LombokPost

Yuk..!! Kenali Visi Caleg Muda Ampenan, Budi Satriawan

Redaksi Lombok Post