Lombok Post
Metropolis

Irwan Digeser, Mahmmudin Jabat Asisten II

H Effendi Eko Saswito

MATARAM-Jika tidak ada aral melintang. Hari ini akan ada mutasi pejabat di Pemkot Mataram.

Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito saat dikonfirmasi mulanya hanya menebar senyum. Sampai kemudian mengungkapkan kepastian kapan digelar mutasi. “Insya Allah (hari ini),” kata Eko pendek.

Tak bicara banyak, ia hanya mengatakan mutasi kali ini dalam rangka menyusun ulang formasi pejabat Eselon II. Sesuai dengan hasil uji kompetensi pejabat beberapa bulan lalu.

Para pejabat akan ditempatkan seusai dengan bidang keahlian dan kompetensinya memimpin Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). “Tidak ada (promosi), hanya pindah saja, nanti setelah pansel baru diisi yang kosong-kosong,” ujarnya.

Beberapa model utak-atik komposisi Eselon II berdasarkan hasil uji kompetensi, beredar di kalangan sejumlah pejabat. Utak-atik ini disimpulkan dari bisik-bisik di dalam ruangan. Antara Kepala Daerah, Sekda, dan sejumlah pejabat.

Salah satu pejabat yang enggan disebut namanya bertutur, beberapa peluang yang mungkin terjadi. Jika hari ini memang akan digelar mutasi pejabat Eselon II. “Yang jelas Mahmuddin Tura (Kadis PUPR) itu Asisten II,” kata sumber ini.

Selain itu, ia mengatakan, adanya peluang Kepala Bappeda yang saat ini dijabat H Amiruddin akan diisi Miftahurrahman, Kepala Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Sedangkan Amir kemungkinan akan digeser menjadi Inspektur Inspektorat.

“Saleh berpeluang isi Kominfo,” ujarnya.

Pejabat ini juga membuka peluang adanya kemungkinan Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdyaaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Baiq Nelly Kusumawati bertukar tempat dengan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) HM Syakirin Hukmi.

“Tapi ini tergantung berhasil atau tidaka lobbinya,” ujarnya.

Posisi Kepala Badan Litbang yang ditinggalkan Miftah ke Bappeda, akan diisi oleh Irwan Rahadi. Sedangkan posisi yang ia tinggalkan nantinya berpeluang dipansel. “Karena ribet di sana tidak berhasil tuntaskan masalah sampah. Jadi butuh pejabat yang kompeten,” ulasnya.

Yang tak kalah menarik juga H Khalid kabarnya meminta agar ditempatkan pada jabatan yang meringankan tugasnya di hari tua. Ia meminta agar bisa ditempatkan pada posisi staf ahli.  “Jadi selain posisi Kepala Dinas LH, ada Dishub dan Kesbangpol yang juga akan dipansel nanti,” ulasnya.

Lantas kalau Kesbangpol di pansel, ke mana Rudi Suryawan ditempatkan?

Sumber Lombok Post ini memprediksi Rudi akan mengisi jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja. Sementara H Rumasih yang sebelumnya di staf ahli akan digeser untuk menggantikan posisi Mahmuddin Tura.

“Dia (H Rumasih) pernah kabid dua kali di PU. Pengairan sama Perumahan, jadi ada pengalaman,” ulasnya.

Apakah hasil ini sudah final?

Sumber Lombok Post ini mengatakan belum. Masih ada peluang berubah. Sekalipun Sekda kabarnya sudah mengantongi print out hasilnya. Hanya saja peluang lobi-lobi masih terus terbuka hingga jelang pelantikan.

“Apalagi malam nanti (tadi malam, Red) ada acara selakaran di Pendopo, pasti (pejabat) pada grilya,” terang sumber ini. (zad/r5)

Berita Lainnya

Rekonstruksi Sudah Progresif, Presiden Instruksikan Jajaran Terus Lakukan Percepatan

Redaksi LombokPost

Kabar Gembira untuk Infrastruktur

Redaksi LombokPost

Revitalisasi KBC Dilanjutkan, Ini Sumber Dananya

Redaksi LombokPost

Durian Runtuh buat PNS, Rapelan Gaji Masih Tunggu Hitungan Taspen

Redaksi LombokPost

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Sepatu ala BROOK.LIN

Redaksi LombokPost

Relokasi Dua Pasar Belum Jelas

Redaksi LombokPost

Warga Harus Tetap Waspada DBD

Redaksi LombokPost

Dua Jempol untuk Dinas PUPR

Redaksi LombokPost

Ahyar Bisiki Presiden Jokowi, Rehab Rekon Terkendala Semen dan Tukang

Redaksi LombokPost