Lombok Post
Headline Politika

Komisioner Baru KPU NTB Dilantik Hari Ini

PERPISAHAN: Ketua KPU NTB periode 2014-2019 Lalu Aksar Ansori menerima cindermata dari Sekretaris KPU NTB Mars Ansori Wijaya sebagai tanda perpisahan, kemarin.

MATARAM-Lima komisioner baru KPU NTB dijadwalkan menjalani pelantikan hari ini.  Itu setelah turunnya keputusan KPU RI terkait penetapan anggota komisioner KPU NTB. Dalam SK Nomor 224/PP.06-Kpt/05/KPU/I/2019 tanggal 17 Januari 2019, peringkat masing-masing anggota komisioner KPU NTB sudah ditampilkan.

Lima yang terpilih sesuai peringkat teratas hingga terbawah yakni Suhardi Soud, Agus Hilman, Yan Marli, Zuriati, Syamsuddin.

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori mengatakan ada beberapa tugas berat menanti komisioner KPU NTB yang baru. Seperti kerumitan proses pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara. Karena pemilu mendatang merupakan pemilu serentak pileg dan pilpres pertama dengan lima kertas suara. ”KPU harus mempersiapkan penyelenggara di bawah dan harus memastikan mereka mampu dan profesional melaksanakan tahapan ini,” katanya.

Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang harus diantisipasi selama pelaksanaan pemilu. Misalnya saja politik uang yang sudah menjadi musuh bersama seluruh pihak. ”Semua elemen masyarakat harus menunjukkan perilaku menolak politik uang, bukan hanya menyatakan saja,” katanya.

Seiring perkembangan teknologi, ada beberapa tantangan lainnya seperti ujaran kebencian melalui media sosial. ”Proses degradasi peserta pemilu dan penyelenggara juga menjadi tantangam baru, ini harus direspon dengan cepat oleh KPU,” tandasnya.

Sementara itu, uji kelaikan dan kepatutan calon anggota KPU Mataram dan Lombok Tengah (Loteng) dipastikan dilakukan Januari ini. Hal itu karena masa jabatan komisioner KPU di dua kabupaten/kota tersebut segera usai akhir bulan ini. ”Makanya KPU Mataram dan Loteng lebih dulu,” ujar Sekretaris KPU NTB Mars Ansori Wijaya.

Sedangkan delapan kabupaten/kota lainnya akan menyusul. Masa jabatan komisioner KPU di sana berakhir Februari mendatang. (puj/r4)

Berita Lainnya

Kelelahan, Enam PPS Tumbang

Redaksi LombokPost

PSU Rentan Money Politic

Redaksi LombokPost

Kinerja Dewan Mengecewakan, Pembahasan Raperda Sangat Minim

Redaksi LombokPost

Telkomsel Optimalkan Jaringan di Lebih dari 1.400 Titik Penting

Redaksi Lombok Post

13 Warga Ampenan Nyoblos Ulang

Redaksi LombokPost

H. Muzhir Klaim Kuasai Suara Mataram

Redaksi LombokPost

Korban Pemilu Terus Berjatuhan

Redaksi LombokPost

Gubernur: Jangan Ada Dendam Politik!

Redaksi LombokPost

Kepala Disnakertrans Paling Diminati

Redaksi LombokPost