Lombok Post
Metropolis

Renovasi Graha Mentaram Sedot APBD Rp 3,8 Miliar

SEGERA DIRENOVASI: Gedung Graha Mentaram sampai saat ini belum difungsikan oleh RSUD Kota Mataram karena masuk rusak akibat gempa bumi. Tampak beberapa kerabat pasien melintas di gedung itu, kemarin (1/2).

MATARAM-Gedung Graha Mentaram RSUD Kota Mataram dalam waktu dekat, akan segera direnovasi. Gedung ini sebelumnya sempat dikatakan tidak aman untuk digunakan lantaran mengalami kerusakan akibat diguncang gempa bumi, tahun lalu.

Agar gedung bisa kembali difungsikan, Direktur RSUD Kota Mataram dr HL Herman Mahaputra menegaskan, pihaknya saat ini sedang dalam persiapan tender. Karena ada waktu selama 20 hari untuk melakukan proses lelang. “Mudah-mudahan Februari ini kita sudah masuk pengerjaan renovasi,” terangnya, kemarin (1/2).

Anggaran renovasi gedung sudah disiapkan Pemkot Mataram dari APBD 2019 Rp 3,8 miliar. Pria yang kerap disapa dr Jack ini menegaskan, berdasarkan hasil assessment bahwa struktur bangunan gedung masih kuat.

Sehingga yang menjadi titik berat dalam renovasi kali ini lebih kepada arsitektur gedungnya saja. Karena kerusakan banyak terjadi pada tembok yang mengalami keretakan. Karena tembok banyak ditempeli berbagai macam asesoris. “Kami disarankan oleh tim ahli dari UGM dan Kementerian PUPR RI untuk membongkar arsitektur yang pecah-pecah itu kita ganti dengan yang lebih ringan,” ungkapnya.

Belum berfungsinya gedung Graha Mentaram yang memiliki lima lantai itu, telah membawa dampak yang signifikan terhadap tingkat rawat inap di RSUD Kota Mataram. Sebelum gempa bumi, jumlah tempat tidur yang difungsikan mencapai 252 unit. Namun setelah gempa bumi yang difungsikan hanya 230 unit. “Itupun memaksimalkan ruangan yang lain karena Graha Mentaram belum difungsikan,” jelasnya.

Sementara, jumlah tempat tidur di gedung Graha Mentaram mencapai 45 unit. Itu harus segera dimanfaatkan dan tidak perlu menunggu semua lantai dibereskan pengerjaannya. Karena itu, ia akan meminta kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), setelah lantai satu sudah direnovasi, langsung saja difungsikan tanpa harus menunggu renovasi selesai sampai lantai lima.

Ia pun menjamin bahwa kondisi tersebut masih aman untuk pasien dan keluarga serta pengunjung. Diprediksi, renovasi dilakukan paling telat harus selesai dalam dua bulan. “Semoga pada April nanti, gedung dan fasilitas di Graha Mentaram sudah bisa difungsikan semuanya,” pungkas dr Jack. (yun/r7)

Berita Lainnya

Pemprov NTB Akhirnya Buka Pendaftaran PPPK , Honorer Diberi Waktu Dua Hari

Redaksi LombokPost

Empat Hewan Pembawa Rabies Ditemukan Balai Karantina

Redaksi LombokPost

RSUD Kota Mataram Siapkan Aplikasi SIMRS

Redaksi LombokPost

Kaderlan Pencari Damai di Rumah Panggung dari Kayu Bekas

Redaksi LombokPost

Pemkot Mataram Angkat Tangan Tak Ikut Pendaftaran PPPK Serentak

Redaksi LombokPost

Permintaan Eliminasi Anjing Cukup Tinggi

Redaksi LombokPost

Baru Tiga Kecamatan Punya RDRT

Redaksi LombokPost

Fatwir Jabat Kadis Pendidikan

Redaksi LombokPost

Miftah: Penertiban Pelanggaran Tata Ruang Akan Dilanjutkan!

Redaksi LombokPost