Lombok Post
Headline Praya

1000 TNI Percepat Rekonstruksi

MENYAMPAIKAN PENJELASAN: Dandim 1620/Loteng Letkol CZI Prastiwanto, saat menyampaikan penjelasan penanganan pascagempa di kantor Camat Pringgarata, Rabu (6/2) lalu.

PRAYA-Kodim 1620/Lombok Tengah, memastikan akan mempercepat alur birokrasi penanganan pascagempa. Khususnya, kategori rumah rusak sedang sebanyak 5.639 unit. Lalu, rusak ringan sebanyak 16.484 unit, menyasar 53 dusun di 22 desa, di Kecamatan Batukliang, Batukliang Utara dan Pringgarata.

        “Secara bergiliran, mereka yang memiliki kelompok masyarakat (Pokmas) kita kumpulkan,” kata Dandim 1620/Loteng Letkol CZI Prastiwanto, kemarin (7/2).

        Mereka, terang Prastiwanto akan menerima pengarahan dari Kodim, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan NTB, Dinas Perkim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak bank. Kemudian, mengurus pencairan bantuan. Prosesnya, satu hari saja, tidak boleh berlama-lama.

        Setelah itu, katanya perbaikan rumah dijalankan. Proses tersebut,  tidak boleh juga berlama-lama. Itu kalau, dilaksanakan secara gotong royong. Yang penting, jangan mengandalkan tukang saja, tapi perlu kerja sama antar warga. Dengan begitu, rumah bisa dengan cepat ditempati.

“Informasinya, dari Mabes TNI akan mengirim 1.000 pasukan ke NTB. Kita tidak tahu, berapa pasukan untuk Loteng,” beber pria kelahiran 8 Juni 1979 tersebut.

        Tujuannya, ungkap mantan Komandan Kizi Jihandak TNI-AD itu, untuk membantu mempercepat memperbaiki rumah warga, bahkan membangun rumah warga kategori rusak berat sebanyak 2.884 unit. “Tolong Pokmas dan fasilitator, bekerja sama dengan penyedia material bangunan,” sambung Kepala BPBD Loteng H Muhamad.

        Pastikan, tekan Muhamad kebutuhan yang ada terpenuhi. Jangan sampai ada yang main-main, karena pengawasannya cukup ketat. Apalagi, TNI sampai turun membantu. Fisik maupun non fisik. “Setelah adanya posko terpadu dari Kodim ini, semua terasa cepat,” tambah Ketua Pokmas Desa Arjangke Ayudin.(dss/r2)

Berita Lainnya

Baru Mau Bangkit, Terpuruk Lagi Akibat Tiket Pesawat dan Bagasi Mahal

Redaksi LombokPost

Tim Labfor Turun Tangan Selidiki Penyebab Kebakaran Rumah Direktur Walhi NTB

Redaksi LombokPost

Mantan Napi Teroris Pulang ke Bima

Redaksi LombokPost

Terdakwa Korupsi Anggaran Satpol PP Kabupaten Bima Divonis 15 Bulan Penjara

Redaksi LombokPost

Cukong Kayu Dilimpahkan Ke JPU

Redaksi LombokPost

Telkomsel MAXstream dan Viddsee Kolaborasi

Redaksi Lombok Post

Alami Kecelakaan Kerja, Segera Lapor ke BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi Lombok Post

Bawaslu Loteng Rekrut 3.316 PTPS

Redaksi LombokPost

Siap-siap, Ada Mutasi Lagi!

Redaksi LombokPost