Lombok Post
Metropolis

Alhamdulillah, Bantuannya Mulai Cair

HAMPIR RAMPUNG: Seorang warga melintas di depan rumah instan sederhana (Risha) yang dibangun di Lingkungan Tegal, Kecamatan Sandubaya beberapa hari lalu.

MATARAM-Bantuan rumah rusak kategori ringan dan sedang di Kota Mataram mulai disalurkan. Sejumlah warga mulai menerima bantuan tersebut melalui kelompok masyarakat (pokmas) masing-masing.

“Sekarang yang terpenting bagaimana pokmas bisa membuat laporan untuk mencairkan bantuan yang sudah ada di rekening,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Mataram HM Kemal Islam.

“Pokmas akan dibantu fasilitator untuk mencairkan bantuan ini,” imbuh Kemal.

Dijelaskan, juknis penggunaan dana bantuan rumah rusak kategori sedang dan ringan sama seperti kategori berat. Hanya saja, kata dia, untuk bantuan ini tidak ada pilihan membangun seperti memilih Riko dan Risha. “Tinggal beli bahan dan upah tukang saja,” tuturnya.

Sebelum dana digunakan, terlebih dahulu para pokmas membuat rencana anggaran biaya (RAB) kebutuhan rehab rumah. Pun juga dengan upah tukang dirincikan biayanya. “Ini dananya akan dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Untuk rumah rusak kategori sedang mendapat bantuan Rp 25 juta, sementara rusak ringan Rp 10 juta. Kemal meminta pokmas aktif. Bisa mencairkan dana yang sudah masuk ke rekening untuk digunakan sesuai kebutuhan warga.

“Pokmas harus segera membelanjakan uang di rekening ini,” pintanya.

Menurutnya, rehab rumah rusak katergori sedang dan ringan juga dibutuhkan ketelitian. Jangan sampai nantinya warga membeli bahan-bahan yang nantinya tidak dimanfaatkan. Bahan untuk perbaikan rumah dianggarkan melalui pokmas ini harus riil.

“Jangan sampai bahan-bahan ditambah untuk keperluan yang lain,” sindirnya.

Sementara itu, Lurah Selagalas Yusrin Rato mengaku, anggaran untuk rumah rusak kategori sedang  dan ringan sudah disalurkan ke rekening masing-masing pokmas. Saat ini kata dia, pokmas sudah mulai menyusun anggaran untuk rehab rumah yang rusak akibat gempa.

“Sekarang warga lagi mempersiapkan untuk merehab rumahnya,” tutupnya. (jay/r5)

Berita Lainnya

Pemprov NTB Akhirnya Buka Pendaftaran PPPK , Honorer Diberi Waktu Dua Hari

Redaksi LombokPost

Empat Hewan Pembawa Rabies Ditemukan Balai Karantina

Redaksi LombokPost

RSUD Kota Mataram Siapkan Aplikasi SIMRS

Redaksi LombokPost

Kaderlan Pencari Damai di Rumah Panggung dari Kayu Bekas

Redaksi LombokPost

Pemkot Mataram Angkat Tangan Tak Ikut Pendaftaran PPPK Serentak

Redaksi LombokPost

Permintaan Eliminasi Anjing Cukup Tinggi

Redaksi LombokPost

Baru Tiga Kecamatan Punya RDRT

Redaksi LombokPost

Fatwir Jabat Kadis Pendidikan

Redaksi LombokPost

Miftah: Penertiban Pelanggaran Tata Ruang Akan Dilanjutkan!

Redaksi LombokPost