Lombok Post
Kriminal

Banyak Warga Belum Sadar Hukum

MATARAM-Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) wilayah NTB melakukan sosialisasi peningkatan kesadaran hukum, kemarin (8/2). Kegiatan ini dirangkai bakti sosial dengan membagikan makanan gratis bagi warga kurang mampu.

Sosialisasi kesadaran hukum yang diinisiasi organisasi kewanitaan kejaksaan dilakukan di tiga titik di Kota Mataram. Yakni, Taman Sangkareang, Loang Baloq, dan Jalan Panji Tilar.

Ketua IAD wilayah NTB Sri Wahyuningsih Arif mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja IAD di sosial budaya. Melakukan kegiatan sosial sekaligus memberi penyuluhan mengenai hukum bagi masyarakat biasa.

IAD NTB berusaha menyasar masyarakat banyak mengenai pentingnya kesadaran hukum. Karena itu, kegiatan kemarin dilakukan di tiga tempat dan dirangkai dengan program sosial.

”Kita rangkai juga dengan pemberian makanan gratis bagi warga kurang mampu,” kata Sri.

Sri menjelaskan, peningkatan kesadaran hukum, diharapkan membuat masyarakat menghindari hal-hal yang melanggar aturan. Mengerti seperti apa hukum mengatur kehidupan sosial bagi masyarakat.

”(Tujuannya) bukan agar takut dengan hukum. Tetapi, hidup bisa lebih tertib ketika mengetahui seperti apa itu hukum,” terang dia.

Menurut Sri, kegiatan kesadaran hukum dari IAD sekaligus membantu tugas dari institusi kejaksaan. Selama ini, Kejati NTB juga kerap melakukan penyuluhan hukum bagi pelajar melalui program jaksa masuk sekolah (JMS).

”Jadi kita juga berkesinambungan dengan kejaksaan. Saling menguatkan dan meningkatkan kinerja organisasi kejaksaan,” tandas dia.(dit/r2)

Berita Lainnya

Mantan Napi Teroris Pulang ke Bima

Redaksi LombokPost

Bandar Togel Jaringan Internasional Tertangkap

Redaksi LombokPost

Terdakwa Korupsi Anggaran Satpol PP Kabupaten Bima Divonis 15 Bulan Penjara

Redaksi LombokPost

Polisi Tembak Tersangka Curanmor

Redaksi LombokPost

Cukong Kayu Dilimpahkan Ke JPU

Redaksi LombokPost

Polisi Tipu Bandar Sabu dengan Pura-pura Belanja Rp 100 Juta

Redaksi LombokPost

Polisi Kantongi Calon Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Kemuning

Redaksi LombokPost

Otak Pemalsu STNK Tertangkap

Redaksi LombokPost

Jelang Pemilu, TNI Polri Matangkan Strategi Pengamanan

Redaksi LombokPost