Lombok Post
Politika

Irzani Dorong Pesantren Manfaatkan Teknologi

H Irzani (baju hijau), Calon Anggota DPD RI Dapil NTB saat menyapa konstituen di Lombok Timur, kemarin.

MATARAM-Pondok harus mulai beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi. Calon Anggota DPD RI Dapil NTB Nomor Urut 30, H Irzani mengatakan perkembangan teknologi saat ini mulai mengubah aspek kehidupan.

Hal ini membuat pesantren harus mulai adaptif dan familiar memanfaatkan teknologi. ”Jika kemajuan teknologi tidak direspons dengan, pesantren akan tertinggal jauh,” kata pria yang juga sekretaris umum NW NTB, Minggu (9/2)

Irzani mengatakan, teknologi informasi saat ini telah menjadi bagian banyak orang. Sebut saja sosial media yang telah membagi manusia ke dalam dua dunia, nyata dan maya. ”Teknologi haruslah menjadi media transfomasi nilai-nilai positif dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan secara terus-menerus, termasuk bagi pesantren,” katanya.

Salah satu pilihannya adalah memanfaatkan teknologi sebagai media untuk memaksimalkan pengembangan keilmuan santri. Termasuk sebagai media dakwah. Baginya, santri yang baik harus sesuai tuntutan sosial. Mereka harus paham terhadap kenyataan dan mengerti situasi kekinian. Mau tidak mau teknologi perlu menjadi penunjang pembelajaran. ”Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pesantren akan memberikan banyak kemudahan. Seperti fleksibelitas program pendidikan, dakwah syiar Islam, dan bahan kajian keilmuan yang dapat dibuat lebih menarik dan berkesan,” katanya.

Pesantren perlu memanfaatkan teknologi untuk memperluas cakrawala dakwah dan keilmuan Islam. Desain pesantren yang ramah teknologi adalah keniscayaan. Ilmu agama maupun teknologi ditegaskannya selalu lahir bersamaan. Karenanya pesantren yang merupakan tempat mengaji ilmu agama, juga harus mendapat sentuhan teknologi agar menghasilkan kader-kader yang tak kalah dengan sekolah umum. (yuk/r4/*)

Berita Lainnya

HRF : Smart City itu Kunci!

Redaksi Lombok Post

Empat Tahun, Bisa Balik Modal Nggak?

Redaksi Lombok Post

Djohan Incar Syarif

Redaksi LombokPost

PKS Buka Peluang Bentuk Poros Sendiri

Redaksi LombokPost

Ismul atau Jafri, Mana Lebih Sakti?

Redaksi Lombok Post

Jalan Suhaili Menyambung Dinasti

Redaksi Lombok Post

Protes Warga Tak Mempan, Dewan Siap Paparkan Hasil Kunker

Redaksi Lombok Post

Ali: Dinda Seharusnya Tak Tenang

Redaksi LombokPost

Jangan Ada Evi Kedua!

Redaksi LombokPost