Lombok Post
Tanjung

Soal Tambak Lengkukun, Pemkab KLU Kecolongan

TANJUNG-Permasalahan izin tambak udang di Dusun Lengkukun, Desa Kayangan, Kecamatan Kayangan terus bergulir. Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengakui kecolongan. Pembangunannya sudah mencapai 70 persen, sementara IMB tambak baru ditandatangani kemarin (13/2).

“IMB-nya baru ditandatangani hari ini (kemarin,red),” ungkap Asisten II Setda KLU H Hermanto di ruangannya.

Ia menuturkan, melihat pemberitaan yang bergulir, seharusnya OPD terkait turun langsung melihat lokasi. Tim tidak hanya mengeluarkan izin saja, namun juga melakukan pengawasan.

“Kalau koordinasi tetap kita lakukan, tapi kita tahunya pembangunan tambak yang di Amor-Amor saja, sedangkan di Lengkukun itu kita tidak tahu,” jelasnya.

Hermanto mengatakan, proses pembangunan tambak tersebut sebenarnya menyalahi aturan. Tambak tersebut dibangun terlebih dahulu sebelum IMB-nya keluar. Secara aturan, pembangunan tidak boleh dilakukan jika izin belum ada.

Meski begitu, ia selalu berkoordinasi dengan mengingatkan semua tim yang terlibat. Bahkan kasatpol PP juga meminta agar dilibatkan dalam proses pengawasan.

“Harusnya ada semacam surat tembusan ke satpol PP, sehingga bisa diawasi,” katanya.

Hermanto menegaskan pemkab akan segera mengambil tindakan. Dikatakan dirinya sudah menghubungi tim. Dan terungkap jika IMB tambak tersebut baru ditandatangani kemarin.

“Kalau berbicara izin banyak sekali izinnya, contohnya saja seperti untuk pengambilan air lautnya, izinnya ada di propinsi,” akunya.

Hermanto menambahkan, daerah hanya mengurus izin lokasi dan IMB. Sedangkan izin lain seperti IPAL dan AMDAL merupakan kewenangan pemprov. Untuk membahas persoalan ini, Hermanto mengatakan akan mengadakan pertemuan dengan sejumlah pihak Jumat mendatang (15/2). (fer/r3)

Berita Lainnya

Dermaga Baru Dikhawatirkan Rusak Terumbu Karang

Redaksi LombokPost

Ratusan Huntara Bantuan PGTI Diresmikan

Redaksi LombokPost

UNBK Akhirnya Tetap Digelar

Redaksi LombokPost

Ritel di Gili Air Langgar Aturan

Redaksi LombokPost

Komisi I Temukan 8 Honorer Diduga Titipan

Redaksi LombokPost

Dua Tahun Pemkab KLU Raih Nilai SAKIP B

Redaksi LombokPost

Miss World Dukung Korban Gempa

Redaksi LombokPost

Pemkab dan KKB Duduk Bersama

Redaksi LombokPost

Setelah Cidomo, Rental Sepeda Juga Ditertibkan

Redaksi LombokPost