Lombok Post
Metropolis

Miftah: Penertiban Pelanggaran Tata Ruang Akan Dilanjutkan!

INI BARU BENAR: Seorang pengendara tengah melintas di jalan inspeksi yang telah dibuat pemerintah di pinggir sungai Kelurahan Banjar, Ampenan, beberpa waktu lalu.

MATARAM-Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Miftahurraman berjanji segera melanjutkan penertiban pelanggaran tata ruang. Aksi Miftah ditunggu, setelah menggantikan posisi Kepala Dinas PUPR sebelumnya H Mahmuddin Tura yang telah melakukan sejumlah penertiban. Salah satunya membongkar bangunan di atas saluran pertokoan Cilinaya. “Tentu kami akan segera turun,” kata Miftah.

Hanya saja ia belum memastikan kapan waktu penertibannya. Miftah hanya mengatakan fokus perhatiannya pun sama. Yakni penertiban bangunan di atas saluran.

“Termasuk di Cilinaya itu ada beberapa bangunan yang juga harus ditertibkan karena masih di atas saluran,” imbuhnya.

Terkait data pelanggaran tata ruang, Miftah mengaku belum mengetahui jumlah pastinya. Namun ia berharap, tidak ada lagi pelanggaran lagi dilakukan oleh masyarakat. Mengingat setiap pelanggaran akan sangat berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan dan potensi bencana terjadi. Seperti membangun rumah di atas sempadan sungai. Atau langsung di atas saluran. “Itu tentu bisa membuat saluran terganggu,” ulasnya.

Terganggunya saluran akan membuat aliran air tidak maksimal. Pada kondisi cuaca tertentu seperti hujan lebat, kota dengan mudah tergenang di banyak titik. Begitu juga halnya jika yang diganggu adalah sepadan sungai. “Kita butuh jalan inspeksi sungai,” terangnya.

Jalan inspeksi berfungsi untuk mengontrol saluran dan merawat sungai. Sewaktu-waktu itu juga dibutuhkan untuk memasukan alat berat. Mengeruk sedimentasi yang menebal dan dapat memicu luapan air sungai. “Segera dalam waktu dekat tertibkan pelanggran-pelanggaran,” janjinya. (zad/r7)   

Berita Lainnya

Korban Gempa Dikadali, BPBD Terima Laporan Bahan Rumah Korban Gempa Tak Sesuai Spek

Kedubes Prancis Kunjungi Poltekpar Lombok

Dapil Satu-Dua Milik Kepala Garuda

320 Jamaah Belum Lunasi BPIH

Korban Gempa Tarawih di Masjid Darurat

Caleg Gagal Malas Hadiri Rapat Paripurna

Pansus DPRD Terima LKPJ Wali Kota Tahun Anggaran 2018

Perjuangan Para Pahlawan Demokrasi Mewujudkan Pemilu Jujur dan Adil

Restoran Siap Saji Dapat Toleransi