Lombok Post
Giri Menang

Petani Diimbau Bayar Zakat

SOSIALISASI: Baznas Lobar bekerja sama dengan Dinas Pertanian Lobar menyosialisasikan zakat pertanian di Aula Ponpes Al-Islahuddiny Kediri, kemarin (14/2).

GIRI MENANG-Sektor pertanian menjadi salah satu bidang yang mendorong perekonomian masyarakat Lombok Barat (Lobar). Sebagian besar warga Lobar bekerja sebagai petani dengan penghasilan yang cukup besar.

Namun selama ini, zakat dari hasil pertanian masih kurang dioptimalkan untuk membantu masyarakat miskin meningkatkan kesejahteraannya.

“Zakat pertanian ini manfaatnya sangat besar. Ini akan dikembalikan kepada para fakir miskin dan mereka yang berhak menerima zakat,” terang Ketua Baznas Lobar TGH Muchlis Ibrahim kepada Lombok Post.

Dengan zakat pertanian ini, masyarakat sakit berat, masyarakat miskin, hingga pembangunan tempat pendidikan dan tempat ibadah bisa dibantu. Sesuai dengan delapan asnap yang memang berhak mendapatkan bantuan zakat.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas zakat pertanian, Baznas Lobar akan menyampaikan laporan penggunaannya kepada pihak Dinas Pertanian Lobar beserta kelompok tani.

“Kami juga melibatkan penyuluh pertanian di tingkat kecamatan dan desa dalam melakukan pemungutan. Khususnya bagi mereka yang punya aset tanah dan hasil yang cukup besar dari hasil pertanian,” lanjutnya.

Selama ini, potensi zakat pertanian belum banyak mendapat perhatian. Sehingga belum pernah dilakukan secara kelembagaan di semua kabupaten kota. Baznas Lobar yang mencoba berinisiatif memulainya menggandeng Dinas Pertanian.

Asisten III Setda Lobar H Fathurrahim mewakili Pemda Lobar sangat mendukung langkah pihak Baznas Lobar. Karena selama ini, zakat hanya difokuskan pada zakat profesi para pegawai pemerintahan. Padahal, banyak potensi lain yang bisa dimaksimalkan seperti zakat pertanian ini.

“Pertanian menjadi sumber penghasilan yang besar jika dikelola dengan benar. Banyak petani kita yang kaya, tapi kadang kurang memperhatikan zakatnya,” ujar Fathurrahim.

Sehingga, dengan adanya usaha dari Baznas mengumpulkan zakat dari pertanian, bisa membantu petani membersihkan hartanya dengan zakat. Dampaknya nanti juga bisa menekan angka kemiskinan di Lobar yang masih cukup tinggi di kisaran 15,9 persen. “Kami berharap zakat pertanian ini bisa mengangkat kesejahteraan para mustahiq,” ujar Fathurrahim.

Dalam kegiatan sosialisasi zakat pertanian tersebut, hadir Kepala Dinas Pertanian Lobar, H Muhur Zokhri, serta beberapa kelompok tani. (ton/r5)

Berita Lainnya

Disperindag Cek Kecurangan SPBU

Muhammad Naja, Bocah Penderita Lumpuh Otak yang Hafal 30 Juz

Redaksi LombokPost

Alhamdulillah, Bantuan Jadup Cair Besok

Gubernur: Uang Tak Menjamin Kebahagiaan

Gerindra Gelar Deklarasi Kemenangan Prabowo-Sandi

Mengunjungi Masjid Ridwan, Masjid Berarsitektur China di NTB

Redaksi LombokPost

Mengunjungi Masjid Ridwan Arsitektur China Desa Pakuan

Jalan Rusak, Pariwisata Ikut Lumpuh

Korban Gempa Menjerit Lagi