Lombok Post
Tanjung

Ratusan Huntara Bantuan PGTI Diresmikan

DIRESMIKAN: Bupati KLU H Najmul Akhyar menandatangi prasasti peresmian bantuan ratusan unit huntara dari Persatuan Gereja Tionghoa Indonesia (PGTI) pada warga Dusun Dasan Tatar, Desa Sigar Penjalin, Kamis lalu (14/2).

TANJUNG-Ratusan hunian sementara (huntara) bantuan Persatuan Gereja Tionghoa Indonesia (PGTI) diserahkan secara resmi pada warga Dusun Dasan Tatar, Desa Sigar Penjalin. Bantuan ini diserahkan Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) H Najmul Akhyar didampingi Ketua Sinade Gereja Kristus Yesus (GKY) Yohanes Andrie .

Direktur Menonite Diakonia Service (MDS) Paulus Hartono bersyukur karena pembangunan huntara di empat dusun di Desa Sigar Penjalin telah selesai. Dusun yang menerima bantuan adalah Dusun Dasan Tatar, Sanggar Sari, Marpayung dan Rangsot Timur. Huntara yang dibangun bahkan melebihi rencana. Yakni sebanyak 700 unit huntara dari 665 unit yang direncanakan semula.

“Kami berterima kasih atas partisipasi masyarakat Desa Sigar Penjalin yang luar biasa mengikuti lomba kreatifitas huntara yang kami adakan,” ujarnya.

Ketua Sinade GKY Yohanes Andrie mengaku senang diberi kesempatan mengambil bagian membantu masyarakat pascagempa. Khususnya masyarakat di Desa Sigar Penjalin. Pihaknya sudah meminta anggotanya di berbagai tempat untuk membantu masyarkat yang membutuhkan.

“Kami menggerakkan sekolah-sekolah untuk mengumpulkan dana membantu dan berbagi kepada sesama,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati KLU H Najmul Akhyar menyampaikan, acara ini menjadi ajang kekeluargaan dan silaturahmi. Pascagempa lalu, banyak yang datang memberikan bantuan. Bukan hanya dari kaum muslimin, namun dari umat lintas agama.

“Saya berterima kasih kepada bapak-bapak dari GKY dan MDS yang telah membantu masyarakat kami,” tutur bupati.

Saat ini pihaknya sedang melakukan percepatan pembangunan hunian tetap. Salah satunya dengan merekrut para fasilitator. Pihaknya membuka kesempatan untuk siapa saja yang memenuhi kualifikasi persyaratan bisa ikut berpartisipasi.  Bupati menginstruksikan pula fasilitator pendamping yang mesti membantu percepatan pembangunan hunian tetap.

Terpisah, Pjs Kepala Desa Sigar Penjalin Saipul Bahri menjelaskan, di Desa Sigar Penjalin sudah pada tiga tahap penerimaan rekening. Tahap pertama, 17 orang telah menerima rekening, tahap kedua untuk 819 orang dan yang ketiga untuk 506 orang. Sehingga total 1342 orang dari total 2750 orang penerima bantuan sudah mendapatkan rekening.

“Artinya sudah sekitar 48 persen masyarakat kami yang menerima rekening bantuan dari pemerintah,” ungkapnya.

Sementara jumlah pokmas sebanyak kurang lebih 100 pokmas. Dengan anggota sekitar 1300 – 1400 Kepala Keluarga.  Sesuai arahan bupati, aplikator yang masuk ditekankan untuk penyelesaian verifikasi dari sisi jumlah dan kesiapan bahannya.

“Aplikator harus sudah siap,” pungkasnya. (fer/r3)

Berita Lainnya

Ratusan Surat Suara Rusak di KLU

Redaksi LombokPost

Penataan Jalan Gili Air Terus Berlanjut

Redaksi LombokPost

Mata Air Lokoq Prabu Hilang

Redaksi LombokPost

Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Dusun Kuripan, Kayangan

Redaksi LombokPost

Sikap Najmul Undang Polemik

Redaksi LombokPost

Fasilitator Iri Dengan Pemkot Mataram

Redaksi LombokPost

Gizi Buruk di KLU Tinggal 4 Persen

Redaksi LombokPost

Korban Gempa Dapat Santunan dari Kemensos

Redaksi LombokPost

Musibah di Senaru Harus Jadi Pelajaran

Redaksi LombokPost