Lombok Post
Tanjung

Inspektorat Tak Ikut Campur dalam Kasus Talangan Perjalanan Dinas Dewan

TANJUNG-Dugaan keterlibatan pihak ketiga untuk menalangi perjalanan dinas anggota DPRD Kabupaten Lombok Utara (KLU) ternyata tidak terlalu digubris Inspektorat. Pihak Inspektorat menyatakan pihaknya hanya fokus pada aspek administratif dan pertanggungjawaban anggaran.

“Kami tidak memberi atensi khusus terhadap kasus tersebut,” kata Kepala Inspektur KLU H Zaenal Idrus.

Menurutnya, Inspektorat hanya fokus pada pertanggungjawaban anggaran secara administratif. Misalnya dugaan perjalanan dinas fiktif, atau pembayaran biaya dinas melebihi ketentuan.

“Anggaranya sudah ada, hanya saja belum cair karena masih dalam proses, makanya cari dana lain. Jadi itu urusan pribadi, tidak bisa kami campuri,” jelasnya, kemarin (18/2).

Termasuk soal adanya beban bunga, juga dinilainya sebagai urusan pribadi pejabat sekretariat DPRD. Inspektorat tak punya kewenangan untuk mengontrol pengelolaan anggaran tersebut.

“Terkait adanya bunga pinjaman, hal ini tidak menjadi persoalan selama ada persetujuan semua pihak. Namun dalam pelibatan pihak ketiga harus ada yang mempertanggungjawabkan penggunaan dana dari pribadi atau lembaga lain,” tuturnya.

Terpisah, Ketua DPRD KLU H. Burhan M Nur justru menyayangkan tereksposnya pemberitaan perihal keterlibatan pihak ketiga yang menalangi SPPD anggota dewan. Mestinya kasus tersebut tidak dibuka untuk umum.

“Memang hal itu terungkap dalam pertemuan antara Komisi I dan setwan, tapi bukan untuk konsumsi umum,” ujarnya.

Burhan memaklumi, pengelolan keuangan oleh sekretariat dewan belum bisa mengimbangi tingginya mobilitas anggota DPRD dalam menjalankan tupoksinya. Karena itu mestinya kasus ini menjadi pembelajaran bagi staf sekretariat dewan agar bisa lebih bekerja maksimal.

Burhan berharap, ke depan antara media dan sekretariat dewam dapat bekerja sama lebih baik lagi. Sebab media, hampir setiap hari bertemu dan berdiskusi dengan dewan maupun pejabat di sekretariat dewan. (fer/r3)

Berita Lainnya

Progres RTG Belum Sesuai Harapan

Bupati Dorong Percepatan Pembangunan di KLU

DASI dan Lombok Post Buka Puasa dengan Korban Gempa

Bapenda Segera Tertibkan Reklame Kedaluarsa

17 Ribu Data Korban Gempa Bermasalah

Jayaboard Restorasi Gedung Sekolah

Pemkab KLU Bakal Datangi Kemenkum HAM RI

Redaksi LombokPost

2.400 Paket Santunan Segera Disalurkan

Lahan Polteknik Vokasi Diklaim Sudah Clear