Lombok Post
Ekonomi Bisnis

Japnas Gelar Diklatwil Perdana

FOTO BERSAMA:Pengurus dan anggota Japnas saat berfoto bersama usai melakukan Diklatwil perdana di NTB, Kamis (14/2) lalu.

MATARAM-Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) NTB untuk pertama kalinya melakukan Diklatwil (Pendidikan dan Pelatihan Wilayah). Agenda tahunan ini sekaligus dirangkai dengan pemutakhiran data anggota dan komoditas usahanya.

Diklatwil dilaksanakan di Mataram, Kamis (14/2), yang diikuti puluhan anggota dan pengurus Japnas. Pengurus dari Japnas Pusat Bidang Keorganisasian juga turut hadir menjadi mentor pemutakhiran data. ”Tujuannya untuk memperdalam wawasan, AD/ART, dan kejapnasan serta tata laksana pengelolaan organisasi,” kata I Made Agus Ariana, Ketua Japnas NTB, kemarin.

Pemutakhiran data member Japnas menjadi salah satu agenda yang dilakukan. Pendafatarannya dengan sistem daring atau online. Melalui pemutakhiran data ini, dokumen-dokumen keanggotaan didaftarkan. Misalnya KTP, izin-izin usaha, sekaligus komoditi usaha yang dijalankan oleh anggota. Seluruhnya harus terverifikasi dalam satu sistem terintegrasi di Japnas. Puluhan anggota Japnas NTB telah terverifikasi, beserta usahanya. ”Japnas sedang melengkapi bank datanya, sekaligus menjadi etalase untuk mengetahui SDM yang ada di seluruh Indonesia, khususnya yang ada di NTB,” jelasnya.

Japnas NTB berisi anggota dengan latar belakang usaha yang heterogen. Diantaranya, bergerak pada bisnis perhotelan, toko oleh-oleh, toko handphone, SPBU, peternakan ayam petelur, Event Organizer (EO), dealer mobil, dan kuliner. ”Siapapaun yang ingin mengetahui informasi yang valid tentang Japnas dan potensinya, silahkan kunjungi website kami, di sana sudah lengkap,” tuturnya.

Disisi lain, sistem ini memiliki keuntungan bagi anggota dan daerah. Khususnya pada komoditas yang dipasarkan secara global. ”Siapapun yang ingin bermitra bisnis, dapat terlebih dahulu mengintip profil pengusaha dan komoditas yang disediakannya melalui portal Japnas,” tandasnya. (tea/r4/*)

Berita Lainnya

BNI Tebar 100 Ribu Bingkisan Ramadan

LSP Pariwisata Anging Mamiri Sertifikasi Karyawan Hotel

Redaksi Lombok Post

BPJS Ketenagakerjaan Untuk Kesejahteraan Pekerja

Era Baru, HUT Pegadaian Ke-118 Bersama Judika

BNI Ajak UMKM NTB Tingkatkan Kinerja Ekspor

KEMENPERIN Soroti Tumbuh Kembang IKM

Pupuk Kaltim Pastikan Stok NTB Memadai

Konsumen Harus Cerdas dalam Memilih

MHA Bersihkan Pantai Kuta