Lombok Post
NASIONAL

Debat Pilpres Ketiga Akhir Pekan Ini

BAKAL SERU: Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin (kanan) dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno saat pengambilan nomor urut beberapa waktu lalu. Akhir pekan ini, mereka akan kembali satu panggung dalam debat pilpres ketiga.

JAKARTA-Rangkaian debat kandidat pilpres akan berlanjut pada Minggu (17/3). Dua cawapres bakal saling berhadapan membahas tema-tema dasar kesejahteraan rakyat (kesra). Yakni, pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan. Ditambah dengan tema sosial dan kebudayaan.

Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin akan berada satu panggung dengan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. Hingga kemarin (10/3), belum bisa dipastikan kehadiran para capres sebagai penonton saat pelaksanaan debat nanti. Pada debat kedua 17 Februari lalu, Ma’ruf hadir sebagai penonton ketika capres Joko Widodo berdebat dengan Prabowo Subianto. Sebaliknya, Sandiaga absen.

Debat kali ini diprediksi sejumlah pihak tidak kalah seru dengan dua debat pertama. Meski, yang bertarung adalah cawapres. Sebab, untuk kali pertama, dua cawapres bakal bertemu tanpa didampingi capres masing-masing di atas panggung. Terlebih, tema-tema yang dibahas menyangkut hak-hak dasar warga negara.

Sejumlah perubahan juga dilakukan KPU selaku penyelenggara. Salah satu yang paling krusial adalah pengurangan jumlah tim hore hingga nyaris separo dari debat kedua. “Setiap kandidat akan mendapat alokasi undangan 75 orang,” terang Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat dimintai konfirmasi. Lalu, jumlah undangan di bawah koordinasi KPU tetap 300 orang.

Kebijakan itu diambil setelah debat kedua menuai sejumlah kritik dari masyarakat. Penonton dinilai terlalu gaduh. Penyebabnya, setiap kandidat memperoleh jatah tim hore 140 orang. Beberapa kali suara capres kalah oleh tim hore yang berada satu ruangan. Bahkan, sempat terjadi insiden kecil antar pendukung ketika jeda debat.

Berita Lainnya

Ada OPM di Balik Kerusuhan Papua

Redaksi LombokPost

Kelompok Agitator di Balik Kerusuhan

Redaksi LombokPost

Stop Diskriminasi Masyarakat Papua

Redaksi LombokPost

UAS Dilaporkan ke Bareskrim

Redaksi LombokPost

MotoGP Lombok Tak Akan Mundur

Redaksi LombokPost

Prajurit Asal NTB Gugur di Papua

Redaksi LombokPost

Tenda di Mina Penuh Sesak, Ruang Satu Jamaah Hanya 0,8 Meter Persegi

Redaksi LombokPost

Peserta Safari Wukuf Diperkirakan Berkurang

Redaksi LombokPost

Megawati Pimpin PDIP untuk Kelima Kalinya

Redaksi LombokPost