Lombok Post
Headline Praya

Perangkat Desa Jadi Timses?

MENYAMPAIKAN ADUAN: Para kepala desa se Lombok Tengah, saat menyampaikan aduan di gedung dewan setempat, Senin (11/3).

PRAYA-Sebagian perangkat desa di beberapa desa di Lombok Tengah, ditemukan menjadi tim sukses Calon Anggota Legislative (Caleg). Baik DPRD kabupaten, DPRD provinsi hingga DPR RI. Para kepala desa (Kades) pun bingung, mau memberikan sanksi apa.

        “Karena, jangan sampai ujung-ujungnya kami dianggap melanggar aturan,” ujar Ketua Forum Kepala Desa (FKD) Loteng Sahim pada Lombok Post, kemarin (12/3).

        Selama ini, diakui Sahim Kades dianggap tidak mengindahkan Permendagri Nomor 83 Tahun 2015. Kemudian, PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014. Disatu sisi, kesalahan yang dilakukan mereka fatal, karena tidak netral dan profesional.

        Sehingga, kata Sahim ada sebagian Kades yang berani bersikap, dengan memecat mereka. “Tapi, diaturan tidak menyebutkan hal ini,” ungkap Kades Selebung Agus Kusumahadi, terpisah.

        Untuk itulah, pihaknya berharap pemerintah menertibkan aturan khusus, menyangkut persoalan tersebut. Karena jangan sampai, Kades selalu disalahkan “Tolong, jangan itu dijadikan alasan main pecat memecat,” sambung Inspektur Inspektorat Loteng Lalu Aswatara.

        Karena kalau benar, tekannya harus disertai bukti keterlibatan mereka dalam politik praktis. Kemudian, disertai pula dengan berita acara. Bukan semata-mata sebatas konseptual saja. “Kendati demikian, untuk mendalami itu semua, kita sudah membentuk tim,” beber Aswatara.

        Tim, bebernya lagi terdiri dari bagian Administrasi Pemerintahan Umum (APU), bagian Hukum Setda Loteng, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Inspektorat dan Asisten I Setda Loteng. “Jadi, kita tunggu saja,” cetusnya.(dss/r2)

Berita Lainnya

Menelusuri Penyebaran Islam di Pulau Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (2)

Korban Gempa Dikadali, BPBD Terima Laporan Bahan Rumah Korban Gempa Tak Sesuai Spek

Menelusuri Penyebaran Islam di Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (1)

Kedubes Prancis Kunjungi Poltekpar Lombok

Zohri Spektakuler! Genggam Tiket ke Tokyo 2020

BNI Tebar 100 Ribu Bingkisan Ramadan

Hearing Buntu, Aldi Tempuh Jalur Hukum

Progres RTG Belum Sesuai Harapan

Novotel Siap Terima Magang Difabel