Lombok Post
Metropolis

CPNS Bertugas Sesuai Surat Lamaran

Baiq Nelly Kusumawati

MATARAM-Penugasan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Mataram menjadi perbincangan hangat di Kota Mataram. Bahkan kabarnya banyak yang sudah melobi untuk ditempatkan sesuai kemauan para CPNS.

“Ada yang sudah lobi agar tempat tugas sesuai maunya. Tapi kami tak bisa penuhi karena penempatan tugas CPNS sesuai yang di lamaran,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati, Selasa (12/3).

Dijelaskan, terhitung mulai tanggal (TMT) pengangkatan CPNS 1 Maret.  Sedangkan untuk nomor induk pegawai (NIP) masih dalam proses.

Sebenarnya, kata Nelly, untuk pembuatan NIP bagi CPNS yang jumlahnya 262 orang di Kota Mataram sudah rampung. Hanya saja ada empat CPNS salah data. Tidak sesuaidata pada saat mendaftar. Sehingga, ia meminya untuk melengakapi berkas. “Sudah kita kirim perbaikan data yang salah ini,” akunya.

Saat ini data CPNS untuk penetapan NIP sudah tidak ada masalah. Paling tidak pekan depan pihaknya akan ke Bali untuk serah terima NIP. Namun kemarin, kata dia, bagi tenaga kesehatan diminta melampirkan surat tanda registrasi (STR). Sehingga dalam waktu sehari ia meminta kepada tenaga kesehatan yang lulus untuk menyerahkan STR.

“Sebelumnya tidak ada aturan melampirkan STR,” terangnya.

Melampirkan STR bagi tenaga kesehatanujar dia, bisa menjadi masalah. Karena, bisa saja nantinya para CPNS yang lulus tidak memiliki STR.

“Di aturan sebelumnya tidak dilampirkan STR. Kita tidak mau mengada-ada. Sebelum memang ada yang mau mengumpulkan STR, tapi tidak ada dalam persyaratan. Namun sekarang ini diminta STR,” urainya.

Untuk formasi CPNS di Kota Mataram terisi semua. Artinya kuota yang 262 dari pemerintah pusat terisi semua. Ditanya soal salah seorang CPNS yang lulus meninggal, Nelly menuturkan, sudah ada penggantinya.

Penggantinya ini dilakukan secara selektif. Nilai yang dibawahnya yang diambil sesuai passing grade.

Rencananya CPNS akan mulai bekerja April mendatang. Ratusan CPNS ini akan bertugas sesuai dengan surat lamaran. Misalnya, tenaga guru melamar di SDN 2 Cakranegara maka akan bertugas di SDN 2 Cakranegara pula. Begitu juga dengan tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya. “Sepuluh tahun baru bisa pindah,” tukasnya.

Sementara itu Kabid Pengembangan Aparatur BKPSDM Kota Mataram Ahmad Mujahidin menambahkan, saat ini para CPNS tinggal menunggu penetapan NIP. Rencananya Senin ((18/3) pihaknya akan ke Denpasar untuk serah terima NIP.

“Sekarang yang terpenting  para CPNS bisa mempersiapkan diri dalam bekerja,” tutupnya. (jay/r5)

Berita Lainnya

Korban Gempa Dikadali, BPBD Terima Laporan Bahan Rumah Korban Gempa Tak Sesuai Spek

Kedubes Prancis Kunjungi Poltekpar Lombok

Dapil Satu-Dua Milik Kepala Garuda

320 Jamaah Belum Lunasi BPIH

Korban Gempa Tarawih di Masjid Darurat

Caleg Gagal Malas Hadiri Rapat Paripurna

Pansus DPRD Terima LKPJ Wali Kota Tahun Anggaran 2018

Perjuangan Para Pahlawan Demokrasi Mewujudkan Pemilu Jujur dan Adil

Restoran Siap Saji Dapat Toleransi