Lombok Post
Headline Praya

Loteng Tagih Dana Gempa, Rp 51,4 Miliar Belum Cair

MEMBANGUN RIKO: Para pekerja, saat membangun Riko di Dusun Montong Dau Desa Teratak, Batukliang Lombok Tengah, Jumat (1/3) lalu.

PRAYA-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah menyebutkan, pemerintah pusat masih memiliki tanggungan sebesar Rp 51,4 miliar. Anggaran sebesar itu, digunakan untuk penanganan rumah rusak berat.

        “Kami sudah mengingatkan, agar secepatnya ditransfer,” kata Kepala BPBD Loteng H Muhamad pada Lombok Post, kemarin (13/3). Karena, lanjutnya sebagian besar pembangunannya ada yang sudah ditempati, ada yang sudah 80 persen dan 50 persen.

        Dari pada menunggu lama, kata Muhamad sebagian besar para korban, terpaksa berutang. Selanjutnya, menjadi kewajiban pemerintah akan menutupinya. “Yang penting, dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

        Kalau bicara progres, ungkap mantan Kabag Aset Setda Loteng tersebut, sudah menunjukkan hasil yang memuaskan. Jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di NTB, Loteng sudah terdepan. Khususnya, penanganan rumah rusak sedang dan rusak ringan. Kalau rusak berat, tetap jalan.

        “Salah satunya, di desa kami ini. Alhamdulillah, bergerak cepat. Terima kasih TNI,” cetus kepala desa (Kades) Teratak Muhammad Ipkan, terpisah.

        Setiap hari, setiap jam bahkan menitnya, sanjung Ipkan TNI bersama warga, bergotong royong membangun. Baik rumah instan sederhana sehat (Risha), maupun rumah instan konvensional (Riko). “Kebetulan dua jenis rumah itu saja, yang diminati warga kami disini (Teratak),” ujarnya.

        Bahkan sebagian warga, beber Ipkan ada yang sampai menyiapkan tambahan anggaran, guna memperluas bangunan rumah, menambah kamar tidur hingga kamar mandi. Itu artinya, warga luar biasa bersemangat untuk bangkit.

        “Kalau kami malah sebaliknya, masih jauh dari harapan. Pembangunan fisik bisa dihitung dengan jari tangan,” sambung Kades Barabali Lalu Ali Junaidi.(dss/r2)

Berita Lainnya

Polisi Akhirnya Turun Tangan Tertibkan Galian C Ilegal

Redaksi LombokPost

Jaringan Irigasi Jangan Dikorupsi!

Redaksi LombokPost

Taufik Rusdi Terus Bernyanyi

Redaksi LombokPost

Jaksa Limpahkan Kasek dan Bendahara Terkait Dugaan Korupsi Dana BOS SMAN 1 Monta

Redaksi LombokPost

Sampah Tanggung jawab Bersama

Redaksi LombokPost

Pemalsuan Data Tes P3K Mencuat

Redaksi LombokPost

UPT Disdik Merasa Dilangkahi Terkait Mutasi Kepala Sekolah

Redaksi LombokPost

Delapan WNA Amerika Dideportasi

Redaksi LombokPost

Sakit Hati, Somad Kuras Barang Tetangga

Redaksi LombokPost