Lombok Post
Selong

Pelukis Lombok Akan Beraksi di Jogja

SIAP DIPAMERKAN: Salah seorang pelukis dari Lombok berfoto bersama hasil karya yang akan dipamerkan di Jogjakarta pada 27 Maret mendatang.

SELONG-Sebanyak 14 seniman muda Lombok akan menggelar pameran lukisan di Jogjakarta pada 27 Maret mendatang. Kurotor pameran Sasih Gunalan mengatakan, para perupa yang akan mengikuti pameran tergabung dalam komunitas Perua Sak-Art. “Tema pamerannya Ures,” kata Sasih.

Menurut Sasih, istilah bangkit atau dalam bahasa Sasak (Lombok) disebut “ures” membingkai semangat berkesenian para seniman muda tersebut. Pascagempa, semangat bangkit tersebut coba diusung para seniman untuk menceritakan semangat hidup dan kehidupan mereka dalam bingkai sebuah karya.

Selain itu, ures bagi para seniman muda juga dapat dimaknai sebagai sebuah spirit hidup dan kehidupan mereka dalam berkesenian. Semangat bangkit yang dimaksud dalam konteks kedua ini, ialah bagaimana setiap diri seniman ingin melegitimasi keberadaan mereka pada medan seni rupa. “Khususnya di luar Lombok,” ujarnya.

Para seniman muda tersebut dikatakan ingin menunjukkan kemampuan tampil dan menyajikan karya-karya mereka dihadapan publik. Hal tersebut diharapkan akan mampu menyemai semangat wacana kesenian yang ada di Lombok sendiri. “Yang sesekali muncul dan hilang entah ke mana,” sentilnya.

Sebelumnya, komunitas SakArt juga pernah melakukan pameran di Lombok Timur. “Terakhir mereka pameran di Rumah Budaya Paer Lenek,” terangnya. (tih/r7)

Berita Lainnya

Perjuangan Pedagang Cilok di Pusuk Sembalun

Redaksi LombokPost

Bocah Lima Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Embung Jago

Redaksi LombokPost

Rp 50 Juta kok kayak Gini?

Redaksi LombokPost

Kementerian PUPR Tarik 126 Fasilitator, Pembangunan RTG Terancam Terganggu

Redaksi LombokPost

Serah Terima Surat SuaraTunggu Penyortiran dan Pelipatan

Redaksi LombokPost

Destinasi Wisata di Sembalun Belum Direhab, Diguncang Gempa Lagi

Redaksi LombokPost

Rekompak: Konstruksi RTG yang Rusak Akibat Gempa Belum Sempurna

Redaksi LombokPost

Gempa Tak Ganggu Ujian Nasional

Redaksi LombokPost

Dapur Umum Rumahan ala Pengungsi Desa Pesanggrahan, Montong Gading

Redaksi LombokPost