Lombok Post
Selong

Pelukis Lombok Akan Beraksi di Jogja

SIAP DIPAMERKAN: Salah seorang pelukis dari Lombok berfoto bersama hasil karya yang akan dipamerkan di Jogjakarta pada 27 Maret mendatang.

SELONG-Sebanyak 14 seniman muda Lombok akan menggelar pameran lukisan di Jogjakarta pada 27 Maret mendatang. Kurotor pameran Sasih Gunalan mengatakan, para perupa yang akan mengikuti pameran tergabung dalam komunitas Perua Sak-Art. “Tema pamerannya Ures,” kata Sasih.

Menurut Sasih, istilah bangkit atau dalam bahasa Sasak (Lombok) disebut “ures” membingkai semangat berkesenian para seniman muda tersebut. Pascagempa, semangat bangkit tersebut coba diusung para seniman untuk menceritakan semangat hidup dan kehidupan mereka dalam bingkai sebuah karya.

Selain itu, ures bagi para seniman muda juga dapat dimaknai sebagai sebuah spirit hidup dan kehidupan mereka dalam berkesenian. Semangat bangkit yang dimaksud dalam konteks kedua ini, ialah bagaimana setiap diri seniman ingin melegitimasi keberadaan mereka pada medan seni rupa. “Khususnya di luar Lombok,” ujarnya.

Para seniman muda tersebut dikatakan ingin menunjukkan kemampuan tampil dan menyajikan karya-karya mereka dihadapan publik. Hal tersebut diharapkan akan mampu menyemai semangat wacana kesenian yang ada di Lombok sendiri. “Yang sesekali muncul dan hilang entah ke mana,” sentilnya.

Sebelumnya, komunitas SakArt juga pernah melakukan pameran di Lombok Timur. “Terakhir mereka pameran di Rumah Budaya Paer Lenek,” terangnya. (tih/r7)

Berita Lainnya

Hearing Buntu, Aldi Tempuh Jalur Hukum

Ramai-ramai Berburu Takjil

Gara-Gara Kritis, Aldi Tak Diluluskan Sekolah

Dua Pelaku Curas Tertangkap, Dua Masih Buron

Redaksi LombokPost

Pekan Depan Pembangunan Taman Rinjani Mulai Dilelang

Redaksi LombokPost

Para Penjaga Rumah Allah di Gumi Patuh Karya (2)

Redaksi LombokPost

Jalan Rusak Picu Lakalantas

FPR Minta Amaq Har Dibebaskan

Tolong, Mata Kiri Nadir Diserang Tumor