Lombok Post
Sumbawa

Ayo Hijaukan Kembali Wilayah DAS

PENGHIJAUAN: Sekda Sumbawa H. Rasyidi menanam bibit pohon dalam kegiatan penanaman pohon di DAS Semongkat Rabu sore lalu

SUMBAWA-Keberadaan hutan sangat penting bagi keberlangsungan ekosistem. Karenanya hutan harus senantiasa dijaga, jangan sampai rusak.

“Kerena hutan merupakan sumber kehidupan bagi kita semua,” tegas Sekda Sumbawa H. Rasyidi dalam kegiatan penanaman pohon di DAS Semongkat Rabu lalu (13/3).

Kegiatan ini digelar dalam rangka konservasi alam dan pelestarian lingkungan yang diselenggarakan oleh Forum Komunitas Hijau Samawa Rea (FKHSR). Kegiatan berlangsung di Dusun Semongkat, Brang Desa Kelungkung, Kecamatan Batulanteh.

Disampaikan, kualitas lingkungan saat ini cendrung semakin menurun. Adanya banjir di musim hujan, kelangkaan air ketika kemarau, serta pencemaran air tanah dan sungai dinilai dapat mengancam kehidupan manusia. Kondisi ini terjadi disebabkan perilaku manusia yang hanya mengeksploitasi alam tanpa memperhatikan keseimbangan atau kelestarian lingkungan hidup.

Disampaikan, hutan merupakan paru-paru dunia. Jika air merupakan sumber kehidupan, maka hutan dapat dikatakan sebagai penyangganya. Akar-akar kayu yang ada di hutan berfungsi untuk menyerap dan menyimpan air.

“Singkatnya, hutan merupakan mesin sirkulasi air paling canggih yang tak dapat digantikan dengan apapun. Hutan menghasilkan air dan oksigen sebagai komponen yang sangat diperlukan bagi kehidupan umat manusia,” tegasnya.

Untuk menggerakkan masyarakat agar melakukan penanaman pohon, presiden RI telah menyerukan kepada seluruh masyarakat agar dapat melakukan penanaman pohon sebanyak 25 batang setiap orang selama hidupnya. Untuk itu, bupati mengharapkan kepada semua masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon bagi kepentingan generasi kedepannya. Demi mendapatkan lingkungan yang sejuk, bersih dan sehat.

“Diharapkan, ikhtiar yang telah dilakukan komunitas ini dapat diikuti dengan pemeliharaan yang baik oleh masyarakat sekitar,” harapnya.

Pohon yang ditanam adalah bibit-bibit tanaman yang bernilai ekonomi tinggi. Yang tentunya sangat bermanfaat, baik bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Maupun untuk menjaga ketersediaan air serta memberi manfaat perlindungan bagi keanekaragaman hayati. (run/r3) 

Berita Lainnya

Bawaslu Sumbawa Limpahkan Dua Kasus ke Kepolisian

Redaksi LombokPost

Polisi Musnahkan Sabu dan Miras

Redaksi LombokPost

Ciptakan Pemilu Damai, Polres Sumbawa Gelar Tabligh Akbar

Redaksi LombokPost

Mandi di Embung, Pelajar Tenggelam

Redaksi LombokPost

Puluhan Miliar DD “Parkir” di Kas Daerah

Redaksi LombokPost

Bawaslu Sumbawa Temukan Dugaan Money Politic

Redaksi LombokPost

Tim Sergap Mabes TNI Kunjungi KSB

Redaksi LombokPost

Dewan Pertanyakan Penanganan Banjir Utan

Redaksi LombokPost

Mahasiswa Australia Kunjungi Tambang Amman Mineral

Redaksi LombokPost