Lombok Post
NTB

Ayo Liburan ke Pulau Moyo!

MATARAM-Akses wisata ke Pulau Moyo bisa lebih cepat. Dinas Perhubungan NTB akan membuka rute kapal cepat dari Lombok ke Moyo, Sumbawa. Rencananya jalur itu akan dibuka akhir Maret mendatang.

            Kepala Dinas Perhubungan NTB H Lalu Bayu Windia menjelaskan, pembukaan jalur kapal cepat itu bertujuan mempermudah akses wisatawan berlibur ke objek-objek wisata Pulau Moyo. Termasuk beberapa destinasi lain di Pulau Sumbawa. ”Selama ini akses menuju ke sana terbatas, sehingga perlu dibuat jalur khusus yang memudahkan wisatawan,” kata Bayu, kemarin (17/3).

            Banyak objek wisata di Pulau Moyo yang punya potensi ekonomi tinggi. Tetapi selama ini terkendala masalah konektivitas. Destinasi-destinasi itu tidak bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Akibatnya tidak banyak wisatawan yang datang ke sana. Karena itu, Dinas Perhubungan berupaya membuat akses menjadi lebih baik ke lokasi tersebut. ”Dengan rute yang berjadwal dan tarif yang terjangkau,” katanya.

            Rencananya kapal cepat akan berlayar dua kali dalam seminggu. Rutenya dari Pelabuhan Lombok – Pelabuhan Badas-Pulau Medang, dan Pulau Moyo. Kapal akan singgah di Medang karena selama ini pulau tersebut jarang dikunjungi akibat akses terbatas.

            Berbeda dengan jalur pelayaran ke Pulau Kenawa yang sudah dibuka tetapi tidak berlanjut.  Bayu memastikan akses ke Moyo akan berkelanjutan, sebab pemerintah akan memberikan subsidi berupa harga bahan bakar. Kapal cepat itu punya kapasitas 100 orang. ”Karena berikan subsidi harga tiket akan kita kontrol,” katanya.

Saat ini mereka bersama operator kapal, otoritas pelabuhan dan pelaku pariwisata tengah mempersiapkannya. Bila tidak ada hambatan, 30 Maret pelayaran perdana akan dimulai. ”Segala hal harus kita pertimbangkan, terutama keamanan dan kenyamanan,” kata Bayu.

            Dinas Perhubungan akan berkoordinasi dengan Pemkab Sumbawa, agar mereka juga menyiapkan destinasi yang akan dikunjungi. Pembukaan rute seperti itu membutuhkan kerja sama dengan banyak pihak. Termasuk BMKG dan Kesyahbandaran. Kalau cuaca memang tidak memungkinkan, kapal tentu tidak akan berlayar.

            Terkait itu, Sekretaris Dinas Pariwisata NTB Subhan Hasan menyambut baik rencana tersebut. Dinas Pariwisata juga tentu akan ikut menyukseskan pembukaan akses ke Moyo yang sudah dikenal dunia itu. Sesuai tugas dan fungsinya, mereka akan membantu mempromosikan. (ili/r7)    

Berita Lainnya

Banjir Dompu Rendam Lima Wilayah, 3.140 Warga Mengungsi

Redaksi LombokPost

500 Ribu Warga Belum Tersentuh Listrik

Redaksi LombokPost

Ayo Nyoblos, Jangan Golput Ya

Redaksi LombokPost

Bantu Buat Paparan Lebih Mudah Diingat dan Dipahami

Redaksi LombokPost

Tiga Investor Global Hub Angkat Kaki

Redaksi LombokPost

Batik Ijo Komit Kembangkan Smart City

Redaksi LombokPost

Perbaikan IC Molor, PUPR Belum Bersikap

Redaksi LombokPost

Wapres Tinjau Rehab Rekon Lagi

Redaksi LombokPost

Pemprov Siapkan Program Sasambo Gemilang, Sasar 10 Ribu Keluarga Miskin

Redaksi LombokPost