Lombok Post
Metropolis

Ahyar Bimbang Tentukan Kepala Disnaker

CARI YANG TERBAIK: Tim pansel Kota Mataram tengah bekerja menyeleksi peserta seleksi JPTP untuk jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja, beberapa waktu lalu.

MATARAM-Hasil seleksi sudah diterima Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh. Lengkap dengan rekomendasi tiga nama dengan nilai terbaik. Tapi hingga kemarin, Ahyar belum menentukan mana pejabat yang layak membantunya menangani Tenaga Kerja.

Kebimbangan Ahyar terlihat saat ia ditanya kapan akan melantik Kepala Dinas Tenaga Kerja. “Belum-belum, nanti dulu,” kata Ahyar.

Tak begitu jelas apa yang membuat Ahyar bimbang. Padahal ia hanya tinggal memilih satu dari tiga nama yang diusulkan pansel. Tiga nama itu pun telah punya skors masing-masing. Sebagai bahan referensi Ahyar untuk memilih pembantunya.

“Masih harus saya pelajari nanti kita lihat,” kelitnya.

Ahyar punya kebiasaan untuk menggelar mutasi pada hari Jumat. Di kalangan pejabat pun dikenal istilah ‘Jumat Keramat’. Tapi Ahyar terlihat masih belum yakin apakah hingga Jumat lusa ia sudah bisa menentukan salah satunya.

Ada tiga nama pejabat kabarnya yang berhasil lolos jadi tiga besar pansel. Sumber Lombok Post menyebut tiga itu antara lain Hariadi, Camat Mataram. Hariadi termasuk salah satu camat yang gigih memburu prestasi jabatan.

Setelah beberapa camat seperjuangannya lebih dulu naik jabatan. Ada Irwan Rahadi, Agus M Idrus, atau Amran M Amin.

Selain itu ada nama Suhartono Toemiran, Sekretaris DP3A yang juga menantu Mantan Wali Kota Mataram HL Mas’ud . Dan Haris A Rasyid, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup.

“Ya nanti dulu,” tukasnya.

Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito mengatakan Ahyar berhak memilih salah satu dari tiga nama yang direkomendasikan tim Pansel. Tapi tidak ada kewajiban untuk pasti memilih nomor satu.

“Bisa jadi nomor satu, dua, atau tiga, tergantung PPK,” kata Eko.

Yang penting pilihan tidak keluar dari tiga nama yang direkomendasikan. Saat ini kesekretariatan tengah menunggu instruksi lebih lanjut. Kapan akan dilaksanakan mutasi. Apakah dilantik sendiri. Atau menunggu dengan rencana mutasi pejabat eselon III dan IV.

“Itu makanya kita lagi tunggu arahan dari pak Wali, tapi sepertinya bukan besok (Jumat, Red) karena ada acara APEKSI,” ujarnya.

Pihaknya juga saat ini tengah menyiapkan rencana mutasi. Untuk eselon III A, III B, IV A, dan IV B. Jumlah ini cukup banyak dan pasti membuka peluang bagi para staf menikmati promosi jabatan.

“III A saja ada 5 jabatan, lalu III B ada 2 jabatan, sedangkan eselon IV dan IV B sekitar 73 jabatan,” ungkapnya.

Kesempatan ini tebuka bagi para staf yang merindukan kenaikan jabatan. Mereka berpeluang diserap mengisi jabatan-jabatan lowong yang tersedia.

“Polanya bisa saja yang dari III A diisi oleh III B, lalu III B, diisi oleh IV A, begitu seterusnya, sampai semua jabatan terisi,” jelasnya.

Proses mutasi ini kata Eko masih butuh beberapa rangkaian persiapan yang cukup panjang. Tapi pihaknya dalam hal ini Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepakatan (Baperjakat) harus sudah lebih dulu menyiapkan segala sesuatunya.

“Siapa tahu nanti pak Wali minta segera pelantikan kita sudah siap,” ulasnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati mengatakan, persetujuan permohonan izin dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk pelantikan telah dikantongi.

Menyusul tiga nama hasil pansel untuk jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja telah diserahkan pula. “Sudah per Senin kemarin,” kata Nelly.

Selebihnya tinggal menunggu arahan wali kota. Menentukan kapan waktu terbaik untuk pelaksanaan pelantikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram.

“Kita tunggu perintah dari PPK,” tandasnya. (zad/r5)

Berita Lainnya

Buat Wisata Kuliner Ikan di Sekarbela

Redaksi LombokPost

Muhir Keok, Malik Melenggang

Redaksi LombokPost

Jadup Mulai Ada Titik Terang

Redaksi LombokPost

Aneh, Usulan Perda Koperasi Dihapus Begitu Saja

Redaksi LombokPost

Zohri Kembali Pertajam Rekor Jadi 10,13 Detik

Redaksi LombokPost

Partai Beringin Panas Dingin

Redaksi LombokPost

Gubernur Bantah Ucapkan Selamat kepada Calon Presiden Tertentu

Redaksi LombokPost

Gubernur Zul Yakin Jokowi Tak Cuekin NTB

Redaksi LombokPost

Kebutuhan Uang Selama Ramadan Rp 2,9 Triliun

Redaksi LombokPost