Lombok Post
Metropolis

Kelurahan Sama-Sama Dapat Rp 370 Juta

MATARAM-Alokasi dana kelurahan yang akan disalurkan dalam waktu dekat ini akan dibagi rata tiap-tiap kelurahan. Bantuan senilai Rp 18 miliar akan dibagi rata untuk 50 kelurahan di Kota Mataram.

“Pembagian dana kelurahan tidak menggunakan kriteria yang kita rencanakan, akan tetapi dibagi rata ke 50 kelurahan. Satu kelurahan mendapatkan sekitar Rp 370 juta,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Mataram I Made Putu Sudarsana, kemarin.

Diungkapkan, pembagian dana kelurahan berdasarkan surat terakhir dari Menteri Keuangan. Dalam surat tersebut menyebutkan salah satu teknis pendistribusian dana kelurahan harus dibagi rata.

Sebelumnya, Pemkot Mataram telah berencana dalam pendistribusian dana kelurahan tidak dilakukan dengan bagi rata. Sebab, satu kelurahan memiliki luas wilayah, jumlah penduduk, dan jumlah lingkungan yang berbeda-beda.

Pemkot mempertimbangkan tidak mungkin memberikan anggaran yang sama pada satu kelurahan yang hanya memiliki tiga lingkungan dengan puluhan lingkungan. Oleh karena itu, untuk menetapkan besaran bantuan kepada masing-masing kelurahan, pihaknya telah melakukan kajian dengan pembobotan melalui pendekatan luas wilayah dan jumlah penduduk agar adil.

Namun kini  kebijakan tersebut urung diterapkan. “Surat Menteri Keuangan menyebutkan dana kelurahan dibagi rata,” tuturnya.

Diungkapkan, sesuai petunjuk teknis pelaksanannya, dana kelurahan akan digunakan untuk peningkatan sarana dan prasarana kelurahan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Penyaluran dana kelurahan langsung ke anggaran kelurahan. Tidak melalui kecamatan.

Sementara itu, Lurah Mayura I Made Suarta mengatakan, dana kelurahan ini belum disalurkan. Namun demikian pihaknya sudah mengajukan terkait peruntukkan dana kelurahan sesuai dengan juknisnya. “Sekarang ini kita sifatnya masih menunggu,” sebutnya. (jay/r5)

Berita Lainnya

Buat Wisata Kuliner Ikan di Sekarbela

Redaksi LombokPost

Muhir Keok, Malik Melenggang

Redaksi LombokPost

Jadup Mulai Ada Titik Terang

Redaksi LombokPost

Aneh, Usulan Perda Koperasi Dihapus Begitu Saja

Redaksi LombokPost

Zohri Kembali Pertajam Rekor Jadi 10,13 Detik

Redaksi LombokPost

Partai Beringin Panas Dingin

Redaksi LombokPost

Gubernur Bantah Ucapkan Selamat kepada Calon Presiden Tertentu

Redaksi LombokPost

Gubernur Zul Yakin Jokowi Tak Cuekin NTB

Redaksi LombokPost

Kebutuhan Uang Selama Ramadan Rp 2,9 Triliun

Redaksi LombokPost