Lombok Post
NTB

Sumbawa Akhirnya Nikmati Elpiji Subsidi

LEBIH HEMAT: Wawan, salah seorang warga memilih tabung gas elpiji 3 kg yang akan dibeli di Kota Mataram, beberapa waktu lalu.

MATARAM-Warga Pulau Sumbawa dalam waktu dekat bisa menikmati gas elpiji bersubsidi. Hal itu dipastikan setelah Pemprov NTB menetapkan harga  eceran tertinggi (HET) elpiji 3 kilogram.

Dalam draf Perubahan Keputusan Gubernur NTB Nomor 541-668 tentang Harga Eceran Tertinggi Liquid Pertroleum Gas Tabung 3 Kg, HET elpiji pada jarak 0-60 km dari agen sebesar Rp 15 ribu, kemudian pada jarak 60 – 120 km harganya Rp 15.750 dan dengan jarak di atas 120 km harganya Rp 16.500.  Kebijakan itu akan diterapkan dalam waktu dekat. “Harga ini sudah disepakati dengan agen dan Pertamina,” katanya.

Dengan begitu, harga elpiji di Pulau Sumbawa dengan Lombok akan sama. Sehingga tidak ada lagi diskriminasi harga antara Lombok dan Sumbawa. Selama ini Pulau Sumbawa belum tersentuh kebijakan konversi minyak tanah ke gas elpiji sehingga warga kesulitan mendapatkan tabung gas murah. “Besok-besok kita pakai satu harga,” tegasnya.

Dengan penerapan gas bersubsidi, maka secara perlahan minyak tanah di Sumbawa akan dikurangi. Di samping itu infrastruktur pendukung seperti SPBE juga akan dibangun.

Pembangunan SPBE di Pulau Sumbawa ditargetkan rampung bulan Juni.  Namun untuk wilayah Bima belum bisa dipastikan. Sebab yang membangun SPBE nanti adalah masyarakat. “Penyiapan sarana prasarana kami kasi waktu enam bulan,” katanya.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD NTB H Johan Rosihan menyambut baik kebijakan tersebut. Warga di Pulau Sumbawa sangat mengharapkan hal itu sejak lama. “Kalau bisa secepatnya diterapkan, jangan nunggu lama-lama,” kata politisi PKS itu. (ili/r7)

Berita Lainnya

Banjir Dompu Rendam Lima Wilayah, 3.140 Warga Mengungsi

Redaksi LombokPost

500 Ribu Warga Belum Tersentuh Listrik

Redaksi LombokPost

Ayo Nyoblos, Jangan Golput Ya

Redaksi LombokPost

Bantu Buat Paparan Lebih Mudah Diingat dan Dipahami

Redaksi LombokPost

Tiga Investor Global Hub Angkat Kaki

Redaksi LombokPost

Batik Ijo Komit Kembangkan Smart City

Redaksi LombokPost

Perbaikan IC Molor, PUPR Belum Bersikap

Redaksi LombokPost

Wapres Tinjau Rehab Rekon Lagi

Redaksi LombokPost

Pemprov Siapkan Program Sasambo Gemilang, Sasar 10 Ribu Keluarga Miskin

Redaksi LombokPost