Lombok Post
Praya

Sampah Tanggung jawab Bersama

HM Suhaili FT

PRAYA-Bupati HM Suhaili FT, kembali angkat bicara menyangkut persoalan sampah. Orang nomor satu di Lombok Tengah itu menegaskan, kebersihan sebagian dari pada iman. Jadi, tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Sehingga, harus bersama-sama menjaganya, bagaimana pun caranya,” seru Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar NTB tersebut, kemarin (20/3).

Terlebih, ungkap Suhaili Pemkab sejak tahun 2015 lalu, sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2015 tentang pengelolaan sampah. Hanya saja, implementasinya tidak maksimal. Itu karena, berbicara kesadaran masyarakat. Sampah tetap saja dibuang sembarangan.

Dalam perjalanannya, tekan Suhaili payung hukum itu juga diperkuat lagi dengan program zero waste pemerintah provinsi. Untuk itulah, tidak ada alasan untuk tidak mensukseskannya. Tidak saja areal perkotaan, tapi pedesaan bahkan objek-objek wisata. Kalau daerah bersih, maka wisatawan merasa nyaman.

Secara teknis, kata Suhaili hal itu menjadi tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup (LH). Hanya saja, perlu dukungan dan bantuan seluruh elemen masyarakat. Tidak bisa dikerjakan, satu atau dua kelompok masyarakat saja. “Kalau bersih, kita sehat. Kalau kotor, penyakit berdatangan,” sambung Kepala Dinas (Dikes) H Omdah, terpisah.

Bagi Omdah, masalah yang satu itu sebenarnya, mudah diucapkan. Hanya saja, berat untuk dilakukan. Sehingga, tergantung kesadaran masing-masing. “Seperti itu,” cetusnya.(dss)

Berita Lainnya

Nahas, 11 Penumpang Pikap Terjatuh, Dua Tewas

Redaksi LombokPost

Pemerintah Sosialisasi Pembangunan Jalan LIA-KEK

Redaksi LombokPost

Job Fair Sediakan 5.255 Lowongan

Redaksi LombokPost

Sarankan Pelatihan Singkat untuk Pekerja KEK Mandalika 2020

Redaksi LombokPost

Loteng Termasuk Pengirim TKI Illegal Terbesar

Redaksi LombokPost

Kemenag Loteng Bersiap Dirikan PLHUT

Redaksi LombokPost

Loteng Gelar Festival Kuliner Tempo Doeloe

Redaksi LombokPost

LIA Terus Berbenah, Tambah Kapasitas Parkir Pesawat

Redaksi LombokPost

Selama Ramadan Kota Praya Benderang

Redaksi LombokPost