Lombok Post
Metropolis

Warga Kurang Berminat Bikin KIA

KURANG FAMILIAR: Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram Chaerul Anwar menunjukkan KIA, belum lama ini.

MATARAM-Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Mataram akan menjadi salah syarat dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal ini dilakukan guna mendorong pencetakan KIA lebih banyak lagi di Kota Mataram.

“Kita akan kerja sama dengan Dinas Pendidikan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram Chaerul Anwar, beberapa hari lalu.

Usia yang bisa memiliki KIA mulai dari 0 sampai 17 tahun kurang sehari. Dari usia tersebut tercatat ada 108 ribu anak di Kota Mataram. Namun yang memiliki KIA baru 48 ribu. Artinya baru 50 persen yang sudah memiliki KIA.

Chaerul memaparkan, banyak manfaat dengan memiliki KIA. Seperti mendapat diskon di tempat-tempat permainan. Pelayanan kesehatan, dan mempermudah pembuatan paspor. Bahkan pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan belasan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk pemanfaatan KIA.

Belum lama ini, kata Chaerul, Dukcapil kesulitan dalam pencetakan KIA karena keterbatasan sarana prasarana seperti printer. Pencetakan KIA bahannya sama kualitasnya dengan pencetakan KTP. “Tintanya pun sama dengan KTP,” singkatnya.

Sementara itu Kasi Kependudukan Dukcapil Kota Mataram H Hasmin merinci, beberapa dunia usaha yang sudah bekerja sama dengan KIA. Antara lain, Trans Mart, sejumlah toko buku, dan tempat-tenpat permainan lainnya. (jay/r5)

Berita Lainnya

Buat Wisata Kuliner Ikan di Sekarbela

Redaksi LombokPost

Muhir Keok, Malik Melenggang

Redaksi LombokPost

Jadup Mulai Ada Titik Terang

Redaksi LombokPost

Aneh, Usulan Perda Koperasi Dihapus Begitu Saja

Redaksi LombokPost

Zohri Kembali Pertajam Rekor Jadi 10,13 Detik

Redaksi LombokPost

Partai Beringin Panas Dingin

Redaksi LombokPost

Gubernur Bantah Ucapkan Selamat kepada Calon Presiden Tertentu

Redaksi LombokPost

Gubernur Zul Yakin Jokowi Tak Cuekin NTB

Redaksi LombokPost

Kebutuhan Uang Selama Ramadan Rp 2,9 Triliun

Redaksi LombokPost