Lombok Post
Sumbawa

Listrik Padam Akibat Ujicoba Mesin PLTMG

BERI PENJELASAN: Manager PLN Area Sumbawa Hamzah Hasanuddin (tengah) didampingi UPK Tambora Ardi dan Manajer Bagian Proyek PLTMG Sumbawa Darwin saat memberikan penjelasan penyebab tingginya intensitas pemadaman listrik di Sumbawa belum lama ini.

SUMBAWA-Semangat jajaran PLN Sumbawa mewujudkan sistem kelistrikan yang handal tampaknya belum maksimal. Dalam beberapa hari terakhir, kondisi listrik secara umum di Kabupaten Sumbawa memprihatinkan. Intensitas pemadaman cukup tinggi.

Terhadap kondisi ini Manager PLN Area Sumbawa Hamzah Hasanuddin menyampaikan permohonan maaf. Katanya, kondisi tersebut tidak diinginkan semua pihak, baik masyarakat selaku konsumen, pemerintah daerah, maupun PLN sendiri. Namun faktanya, semuanya belum berjalan maksimal, sehingga pemadaman tidak bisa dihindari.

Dalam jumpa persnya Sabtu lalu (23/3), ia menjelaskan secara rinci penyebab tingginya intensitas pemadaman dalam beberapa hari terakhir. Ditegaskan, pemadaman yang kerap terjadi belakangan ini bukan karena Sumbawa mengalami defisit atau krisis listrik.

Terjadinya pemadaman listrik karena PLN memasuki masa transisi dengan mulai dilakukannya ujicoba tiga mesin buatan Jerman di PLTMG Badas. Tiga mesin itu masing-masing berkapasitas 17,7 MW atau total sekitar 54 MW. Ujicoba itu secara mekanisme wajib dilakukan. Karena setiap pembangkit yang akan masuk dan siap digunakan PLN harus melalui tahap pengujian.

“Apabila ujicoba belum tuntas dilakukan, maka pihak PLN tidak bersedia untuk mengambil alih atau memanfaatkan mesin produk Jerman ini,” tegasnya.

Namun melihat kondisi yang terjadi di lapangan, ke depan pihaknya akan terus melakukan evaluasi. Hanya saja ujicoba akan tetap dilakukan. Karena sistem listrik di Sumbawa dengan keberadan PLTMG harus benar-benar handal.

Sebenarnya dalam tahap pengujian ini, pihaknya berharap berjalan baik, tanpa terjadi pemadaman. Ternyata perkiraan ini meleset, karena justru ujicoba ini menjadi penyebab terjadi pemadaman listrik yang dikeluhkan para konsumen.

“Kalau secara teknis sebenarnya sudah connect antara mesin yang ada saat ini dengan PLTMG di Badas. Namun ujicobanya yang belum matching. Inilah yang terus diperbaiki,” katanya.

Hal sama diungkapkan UPK Tambora Ardi. Katanya, pemadaman yang terjadi karena persoalan teknis sebagai akibat dari ujicoba mesin PLTMG. Mesin PLTMG yang didatangkan dari Jerman dinilai handal dan telah melalui pengecekan yang sangat jeli.

Namun ketika mesin di-conect dengan mesin PLN yang ada saat ini terjadi pemadaman listrik. Pihaknya masih mencari cara bagaimana mensingkronkan mesin buatan Jerman itu dengan mesin lama milik PLN tanpa dilakukan pemadaman.

“Kalau mesin lama, pengoperasiannya masih menggunakan cara konvensional (pakai tangan). Tapi mesin Jerman ini menggunakan komputer,” jelasnya.

Dengan kondisi ini dia berharap masyarakat bersabar dan memahami kondisi yang terjadi. Pihaknya terus berusaha agar sistem listrik Sumbawa tetap handal.

“Ketika mesin Jerman ini sudah beroperasi maka daya yang dimiliki PLN Sumbawa sekitar 180 MW. Dengan daya yang sangat besar ini, dipastikan jangkauan wilayahnya lebih luas lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Darwin, Manajer Bagian Proyek PLTMG Sumbawa mengakui uji keandalan mesin ini masih terus dilakukan. Ini adalah ujicoba terakhir sebelum mesin ini bisa diterima dan digunakan oleh pihak PLN. Pengujian ini secara teknis membutuhkan waktu selama 34 hari dan telah dimulai sejak 11 Maret lalu dan akan berakhir pada 15 April mendatang.

“Semoga semunya berjalan dengan baik. Yang jelas dalam tahap ujcoba ini kita tidak bisa prediksi apa yang akan terjadi. Kondisi yang sama juga terjadi di Bima ataupun di Maumere yang saat ini juga tengah melakukan ujicoba PLTMG seperti yang tengah dilakukan di Sumbawa,” katanya. (aen/r3)

Berita Lainnya

Jembatan Brang Punik Kembali Putus

Redaksi LombokPost

Pemerintah KSB Bangun Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Redaksi LombokPost

Dua Jembatan Limpas Bakal Ditingkatkan

Redaksi LombokPost

Kemendes PDTT Gelar Festival Paranata Adat

Redaksi LombokPost

Dikes Sumbawa Tangani Dua Pasien HIV

Redaksi LombokPost

Penyimpangan Tender Gudang Garam Makin Terkuak

Redaksi LombokPost

PPK Dilatih Teknis Pemungutan Suara

Redaksi LombokPost

Sumbawa Usulkan Penambahan P3K

Redaksi LombokPost

Bawaslu Sumbawa Limpahkan Dua Kasus ke Kepolisian

Redaksi LombokPost