Lombok Post
Headline Tanjung

Perbaikan Jalan Gili Air Butuh Rp 60 Miliar

Suburudin

TANJUNG-Plt Kepala Desa Gili Indah Suburudin angkat bicara terkait pembangunan jalan di Dusun Gili Air. Proyek jalan sepanjang 1 kilometer itu sudah masuk dalam perencanaan daerah. Nantinya pembangunannya dilakukan secara bertahap, dikarenakan anggaran yang terbatas.

“Pembangunan jalan dilakukan sebagai bagian penataan kawasan pariwisata ini,” jelasnya usai menghadiri kegiatan Gili Megibung di Gili Trawangan, Sabtu lalu (23/3).

Suburudin mengatakan, soal desain jalan ini, sudah disiapkan Pemkab Lombok Utara. Pada saat pembuatan desainnya, pihak desa juga sudah memberikan masukan.

Ia tidak ingin jalan ini nantinya seperti pembangunan jalan di Gili Trawangan. Saat itu pihak desa baru mengetahui adanya kekurangan, seperti drainase dan daerah resapan air, setelah jalan tersebut rampung dibangun. Sehingga ketika terjadi hujan lebat, ada beberapa tempat yang tergenang.

“Untuk pembangunan jalan ini, soal drainase itu harus diperhatikan,” tegasnya.

Tidak hanya mengunggu pembangunan jalan utama tersebut, pihak desa juga akan mendukung pembangunan jalan di dalam dusun. Pengerjaannya dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan anggaran yang ada. Perbaikan jalan di dalam dusun di Gili Air, Gili Trawangan dan Gili Meno nantinya menggunakan Dana Desa.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR KLU M Zaldy Rahardian mengaku desai jalan sudah disusun. Dalam waktu dekat pihaknya segera menggelar proses lelang.

“Sebelumnya kami akan lakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat,” tandasnya.

Jika menghitung kebutuhan anggaran untuk pembangunan jalan di tiga gili itu mencapai Rp 60 miliar. Anggaran ini terlalu besar untuk ditanggung daerah. Sehingga ia berharap setelah pembangunan tahap pertama, bisa dilanjutkan oleh pusat.

“Kalau anggaran daerah tidak sanggup sekaligus, makanya kita tunggu realisasi pusat,” pungkasnya. (fer/r3)

Berita Lainnya

Tenaga Pemetaan BPS Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi Lombok Post

Siswa BLK Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi Lombok Post

Tetaplah Akur Zaitun! Fauzan Fokus Bangun Industri, Sumiatun Janji Kembangkan Pariwisata

Redaksi LombokPost

Puluhan Petugas KPPS dan PPS “Tumbang”

Redaksi LombokPost

Prempuan Inspiratif Terima Penghargaan

Redaksi LombokPost

UNBK SMP Nebeng di SMA/SMK

Redaksi LombokPost

Data Desk Pemilu, Jokowi-Ma’ruf Unggul Sementara

Redaksi LombokPost

13 Ahli Waris Non ASN Kemensos RI Terima Santunan BPJSTK

Redaksi Lombok Post

Jalan Pakuan Nyaris Putus

Redaksi LombokPost