Lombok Post
Bima - Dompu

Puluhan Cangkang Penyu Dimusnahkan

DIMUSNAHKAN: Polisi bersama BKSDA SKW III Bima-Dompu memusnahkan puluhan cangkang penyu hasil sitaan pada September 2018 lalu. Pemusnahan dilakukan di halaman Mapolsek Bima Kota, Jumat lalu (22/3).

KOTA BIMA-Puluhan cangkang penyu hasil sitaan September 2018 lalu dimusnahkan Satuan Reskrim Polres Bima Kota. Pemusnahan dilakukan di halaman Kantor Polres Bima Kota, Jumat lalu (22/3), disaksikan BKSDA SKW III Bima-Dompu.

Kasatreskrim Polres Bima Kota Iptu Hilmi M Prayugo menjelaskan, September 2018 lalu pihaknya menangkap SA, asal Sulaweasi Selatan dan SY, asal Desa Bugis Sape. Kedua oknum itu ditangkap di Desa Bugis. Saat itu pihaknya mengamankan barang bukti berupa 13 boks daging penyu, 31 cangkang punggung penyu, 3 cangkang dada penyu, serta 14 kantong plastik yang berisi sisik cangkang bagian belakang penyu, dan satu karung berisi daging penyu yang sudah dikeringkan.

“Turut diamankan pula satu unit perahu motor warna biru putih, satu alat timbang,  satu  unit handhone merk samsung android, satu unit handhone merk samsung lipat warna putih dan satu unit handhone merk prince warna biru,” ungkapnya.

Kedua tersangka kata Hilmi, melanggar Pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 ayat (2) huruf b dan d UU Nomor 5 Tahun 1990, tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya.

Saat pemusnahan berlangsung,  Hilmi dengan tegas meminta masyarakat tidak lagi memburu dan mengambil satwa yang dilindungi negara. Penyu merupakan satwa yang dilindungi,  karena populasinya yang sudah terancam punah.

“Masyarakat harus menjaga dan melestarikan ekosistem yang ada, dan itu menjadi tanggungjawab bersama,” ujarnya. (tin/r3)

Berita Lainnya

Banyak ASN Tidak Peduli Lingkungan

Redaksi LombokPost

Rumah Warga yang Dirusak Massa Diperbaiki

Redaksi LombokPost

UNBK di Kota Bima, Hari Pertama Mati Listrik, Hari Kedua Lancar

Redaksi LombokPost

Kasus Bunuh Diri di Dompu Mengkhawatirkan

Redaksi LombokPost

Wawali Bima Dukung Pelatihan IT bagi Santri

Redaksi Lombok Post

KPK dan Jamwas Pantau Kasus Dam Kota Bima

Redaksi LombokPost

Sandiaga Janjikan Kesejahteraan

Redaksi LombokPost

Nongkrong, Punggung Tertancap Panah

Redaksi LombokPost

Belajar Nyetir, Masuk Jurang

Redaksi LombokPost