Lombok Post
Tanjung

Pembiayaan PTSL Tidak Dibebankan ke Warga

Raden Eka Asmarahadi

TANJUNG-Polemik pembiayaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terjadi  di sejumlah desa di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Hal ini yang mendorong Bagian Hukum Setda KLU memutuskan mencabut Perbup Nomor 34 tahun 2017 terkait pembiayaan PTSL.

“Perbup PTSL itu akan kita dicabut,” tegas Kepala Bagian Hukum Setda KLU Raden Eka Asmarahadi, kemarin (25/3).

Ia menuturkan, pencabutan perbup tersebut dikarenakan adanya regulasi baru yang dikeluarkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Dalam regulasi baru ini disebutkan pembiayaan PTSL tidak dibebankan pada masyarakat.

“Tapi dianggarkan dari APBN, APBD, dan CSR,” jelasnya.

Untuk pembayaran PTSL tahun ini, rencananya akan dianggarkan melalui APBN Perubahan. Raden mengatakan, terkait pencabutan Perbup PTSL sudah dilakukan kajian bersama Ombudsman. Dari kajian tersebut, diputuskan perbup tersebut sebaiknya dicabut. Apalagi belakangan keluar keputusan Kementerian ATR yang menyebutkan pembiayaan PTSL tidak lagi dibebankan ke warga.

Karena itu biaya PTSL yang terlanjur ditarik dari masyarakat harus dikembalikan. Namun biaya yang dikembalikan hanya untuk mereka yang sudah menyetor sebelum peraturan Kementerian ATR tersebut keluar.

“Uang pembayaran PTSL yang diterima sebelumnya tidak disetorkan ke BPN. Semua ditampung dalam kas desa,” ungkapnya.

Terpisah, Sekjen forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Fakhruddin mengatakan, untuk melaksanakan PTSL, desa butuh dana operasional. Seperti  untuk membiayai kegiatan rapat, pengukuran, dan kelengkapan administrasi bagi peserta PTSL.

Sedangkan desa sejauh ini tidak memiliki dana untuk pembiayaan PTSL. Sementara pengembalian biaya PTSL ini semuanya dibebankan kepada pemdes. Karenanya ia berharap pemkab membantu pembiayaan yang dibutuhkan. (fer/r3)

Berita Lainnya

Prempuan Inspiratif Terima Penghargaan

Redaksi LombokPost

UNBK SMP Nebeng di SMA/SMK

Redaksi LombokPost

Data Desk Pemilu, Jokowi-Ma’ruf Unggul Sementara

Redaksi LombokPost

Pembangunan Politeknik, Pusat Minta Ditalangi

Redaksi LombokPost

Diskoperindag Pastikan Gelar Pasar Murah

Redaksi LombokPost

PSU Digelar di Hari Terakhir Pleno PPK

Redaksi LombokPost

Rekapitulasi Suara di PPK Dimulai

Redaksi LombokPost

Perbaikan Gedung Sekolah di KLU Sudah 60 Persen

Redaksi LombokPost

Bawaslu KLU Rekomendasikan Gelar PSU di Tiga TPS

Redaksi LombokPost