Lombok Post
Praya

Penderita Katarak di Lombok Tengah Masih Tinggi

SIMBOLIS: GM PT AP I LIA Nugroho Jati (empat dari kanan), secara simbolis menyerahkan bantuan ke Kepala Dikes Loteng H Omdah (tiga dari kanan), kemarin (25/3).

        PRAYA-Penderita katarak di Lombok Tengah, masih cukup tinggi. Jumlahnya, sebanyak 2.777 orang. Disatu sisi, pelayanan operasi gratis terbatas. Sehingga Pemkab berharap BUMN, BUMD, pihak swasta maupun NGO luar negeri membantu.

        “Itu data per tahun 2018 lalu,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng H Omdah, dalam sambutannya pada acara operasi katarak gratis di RSUD Praya, kemarin (25/3).

        Awal tahun ini, beber Omdah ada 150 penderita yang akan melaksanakan operasi. 100 penderita diantaranya, ditanggung PT Angkasa Pura I (AP) Lombok International Airport (LIA). Anggarannya sebesar Rp 259 juta.

“Terima kasih atas bantuannya,” ujarnya, dihadapan General Manager (GM) PT AP I LIA Nugroho Jati, pejabat Forkopimda, pejabat SKPM lingkup Pemkab, para camat dan para kepala desa (Kades) lingkar bandara.

        Omdah mengatakan, bakti sosial yang dijalankan AP LIA ini, sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu. Jumlahnya, ada 50 penderita. Kemudian, tahun 2017 dan 2018 masing-masing 50 penderita. Sehingga, totalnya mencapai 250 orang. “Kalau anggarannya sebesar Rp 1,4 miliar,” sambung GM AP I LIA Nugroho Jati.

        Prosesnya, terang Jati dimulai dari pendataan. Kemudian, praoperasi yang dilaksanakan di Puskemas Penujak, Sengkol dan Puskesmas Batujai. Lalu, operasi yang dipusatkan di rumah sakit milik Pemkab Loteng. Terakhir, pascaoperasi melalui pemeriksaan rutin. “Semoga, apa yang kami jalankan ini bermanfaat,” ujarnya.

        Selain katarak, ungkap Jati ada juga kegiatan Puskesmas keliling. Kemudian, pembangunan MCK. Tujuannya, agar warga lingkar bandara benar-benar bersih dan sehat, tidak terjangkit penyakit. “Kami berharap, mari dukung dan sukseskan kemajuan bandara kita tercinta,” serunya.(dss/r2)

Berita Lainnya

Perempuan Harus Ikut Membangun Daerah

Redaksi LombokPost

LIA Alami Lonjakan Penumpang Lima Persen

Redaksi LombokPost

Petugas TPS Desa Pengembur Dipecat

Redaksi LombokPost

16.080 Siswa SMP/MTs Laksanakan UN

Redaksi LombokPost

Logistik Dapil II dan III Tertukar

Redaksi LombokPost

Pemerintah Dorong UMKM Bangkit

Redaksi LombokPost

650 Orang di Lombok Tengah Terima Jadup

Redaksi LombokPost

Dua Pejabat Pemkab Loteng Belum Lapor LHKPN

Redaksi LombokPost

Terus Tingkatkan Kualitas Guru

Redaksi LombokPost