Lombok Post
Headline Kriminal

Poktan Serahkan Bibit Bawang ke APH

LAHAN BAWANG: Salah seorang petani di Sembalun menabur pupuk di atas lahan pertanian yang baru ditanami bawang, akhir pekan lalu.

MATARAM-Kelompok tani (Poktan) penerima bantuan menyerahkan belasan karung bibit bawang putih ke aparat penegak hukum (APH). Penyerahan bibit tersebut buntut dari penolakan poktan atas ketidaksesuaian jumlah berat bantuan yang diterima.

Salah seorang petani, Oni, yang ditemui di Sembalun mengatakan, belasan karung merah berisi bibit bawang putih diserahkan ke Polsek Sembalun. Karung yang diserahkan tanpa keterangan berat bibit.

Penyerahan bibit disebut Oni agar kepolisian bisa membantu poktan menyelesaikan persoalan berat yang tidak sesuai. ”Satu karung yang diterima (beratnya) menyusut. Dari 20 kilogram hanya menjadi 5 sampai 8 kilogram,” kata Oni.

Setelah penyerahan tersebut, kepolisian menyebut jajarannya mulai mengawasi penyaluran bibit. Kapolsek Sembalun Iptu Made Sutama mengatakan, pengawasan juga diberlakukan pada tahap penerimaan bibit bantuan.

”Supaya bibit yang diterima itu tidak dijual kembali,” kata dia.

Penolakan bantuan bibit bawang di Sembalun bukan kali ini saja terjadi. Masalah yang muncul pun seperti mengulang persoalan pendistribusian pada tahun anggaran 2017.

Sejauh ini, kelompok tani yang baru mendapat jatah bibit bantuan berasal dari Desa Sembalun Bumbung dan Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun. Jumlahnya 57 poktan dari Desa Sembalun Bumbung dan 70 poktan asal Desa Sembalun Lawang.

Selain masalah pengurangan bobot, muncul juga persoalan lain dalam proses pendistribusian bibit pertama di periode Januari-Februari 2019. Dari 1.100 hektare lahan pertanian yang berhak menerima bantuan, 300 hektare di antaranya diduga fiktif.

Ini terungkap setelah proses pendistribusian, nama-nama poktan yang ada, diketahui tidak menguasai lahan dengan luasan 300 hektare.(dit/r2)

Berita Lainnya

Tenaga Pemetaan BPS Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi Lombok Post

Siswa BLK Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi Lombok Post

Saksi Akui Laporan Proyek Fiktif

Redaksi LombokPost

Status Siaga Satu Dicabut

Redaksi LombokPost

Tetaplah Akur Zaitun! Fauzan Fokus Bangun Industri, Sumiatun Janji Kembangkan Pariwisata

Redaksi LombokPost

Puluhan Petugas KPPS dan PPS “Tumbang”

Redaksi LombokPost

13 Ahli Waris Non ASN Kemensos RI Terima Santunan BPJSTK

Redaksi Lombok Post

Jalan Pakuan Nyaris Putus

Redaksi LombokPost

PSU Digelar di Hari Terakhir Pleno PPK

Redaksi LombokPost