Lombok Post
Bima - Dompu

UNBK di Kota Bima, Hari Pertama Mati Listrik, Hari Kedua Lancar

PANTAU: Sekda NTB H Rosiady H Sayuti saat memantau pelaksanaan UNBK di SMKN 3 Kota Bima kemarin (26/3).

KOTA BIMA-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMK dimulai, Senin lalu (25/3). Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Rosiady H Sayuti memantau langsung pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah di Kota Bima. Di antaranya, SMKN 3 Kota Bima, SMKN 1, SMKN 2 serta SMK swasta lain.

Sekda memberikan motivasi langsung kepada para peserta UNBK 2019. Sekaligus mengecek sarana dan prasarana UNBK. “Semoga ujian bisa berjalan lancar, tidak ada kendala dan hambatan,” harapnya.

Kepala UPT Dikmen Bima Sanusin mengatakan, pelaksanaan UNBK tingkat SMK dijadwalkan mulai Senin hingga Kamis mendatang (28/3). Sedangkan untuk tingkat SMA dijadwalkan digelar awal April mendatang.

“Hari pertama pelaksanan UNBK tingkat SMK di Kota Bima, alhamdulillah berjalan lancar,” katanya.

Ia optimis UNBK berjalan lancar hingga hari terakhir. Apalagi sarana dan prasarana sudah cukup memadai. Mulai dari ketersediaan, laptop, komputer, jaringan internet hingga pasokan listrik.

“Yang menjadi perhatian kami selama UNBK ini, yakni ketersedian jaringan internet dan pasokan listrik. Namun sejauh ini belum ada hambatan,” katanya.

Sementara itu Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainudin mengaku di hari pertama UNBK sempat terjadi dua kali pemadaman listrik. Kondisi tersebut cukup menganggu konsentrasi peserta UNBK. Padahal dua hari sebelum UNBK, pihaknya sudah bersurat ke PLN dan Telkom agar menjamin pasokan listrik dan internet.

“Alhamdulillah, di hari kedua berjalan lancar dan tidak ada pemadaman listrik. Kami berharap ujian hari ketiga dan hari keempat juga berjalan lancar,” harapnya.

Jainudin mengatakan, peserta UNBK di SMKN 3 tercatat sebanyak 245 orang. Mereka menggunakan tiga ruangan komputer dengan tiga sesi. Satu sesi diisi 86 orang siswa.

Setelah UNBK, lanjutnya, peserta akan mengikuti USBN yang rencananya digelar tanggal 1 hingga 9 April mendatang. Kemudian dilanjutkan UKK pada tanggal 22 hingga 27 April.

“Setelah itu tinggal menunggu pengumuman kelulusan yang dijadwalkan awal Mei 2019. Target kelulusan 100 persen sama sepetrti tahun lalu,” pungkasnya. (tin/r3)

Berita Lainnya

Banyak ASN Tidak Peduli Lingkungan

Redaksi LombokPost

Rumah Warga yang Dirusak Massa Diperbaiki

Redaksi LombokPost

Puluhan Cangkang Penyu Dimusnahkan

Redaksi LombokPost

Kasus Bunuh Diri di Dompu Mengkhawatirkan

Redaksi LombokPost

Wawali Bima Dukung Pelatihan IT bagi Santri

Redaksi Lombok Post

KPK dan Jamwas Pantau Kasus Dam Kota Bima

Redaksi LombokPost

Sandiaga Janjikan Kesejahteraan

Redaksi LombokPost

Nongkrong, Punggung Tertancap Panah

Redaksi LombokPost

Belajar Nyetir, Masuk Jurang

Redaksi LombokPost