Lombok Post
Sumbawa

Dikes Sumbawa Tangani Dua Pasien HIV

Ilustrasi

SUMBAWA-Sepanjang tahun ini, Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa menangani dua pasien pengidap penyakit HIV. Kedua  pasien pengidap HIV tersebut, masing-masing adalah seorang ibu rumah tangga berusia 25 tahun dan balita berusia 1 tahun.

“Balita tersebut, sudah masuk stadium 3 dan 4 atau tahap akhir dari infeksi HIV atau disebut AIDS,” ungkap Sekretaris Dikes Sumbawa Surya Darmasyah kemarin (27/3).

Pada tahapan ini, berarti sudah ada penyakit penyerta yang diderita pasien. Misalnya TBC dan diare. Pasien yang sudah masuk pada kondisi AIDS, tubuhnya tidak bisa lagi melawan infeksi, karena sistem imun tubuhnya sudah rusak. Karenanya pasien tersebut bakal sangat rentan terkena penyakit. Karena itu pasien tersebut harus mendapat perawatan medis yang lebih ekstra. Serta dijauhkan dari sumber penyakit yang dapat menular ke tubuhnya.

“Balita ini dirawat di Kota Mataram. Dari informasi yang kami peroleh, ibunya sudah meninggal dunia. Namun bapaknya negatif HIV. Berarti kemungkinan balita ini tertular HIV dari ibunya yang positif mengidap HIV,” ungkap Surya.

Dengan adanya kasus balita yang positif HIV, pihaknya makin mengintensifkan pemeriksaan B 20 pemeriksaan HIV kepada ibu hamil. Sehingga jika ditemukan positif HIV bisa mendapat penanganan segera.

“Jika terlambat ditangani harapan hidup pasien dengan HIV ini menjadi sangat tipis. Itulah mengapa deteksi perlu dilakukan sedini mungkin,” tandasnya.

Pada tahun lalu, Dikes mencatat sebanyak 24 orang positif HIV. Dua di antaranya meninggal dunia. (en/r3)

Berita Lainnya

Pemkab Susun Rencana Konservasi Hiu Paus

Redaksi Lombok Post

Gubernur Janji Datangkan Pengusaha Garam

Redaksi Lombok Post

Mantan Kades Kemuning Diserahkan ke Lapas Mataram

Redaksi Lombok Post

HUT RI, Enam Napi Langsung Bebas

Redaksi Lombok Post

Sejumlah Taman Dibiarkan Terbengkalai

Redaksi Lombok Post

Petani Keluhkan Anjloknya Harga Garam

Redaksi Lombok Post

Jembatan Kananta Masuk Prioritas Provinsi

Redaksi Lombok Post

BUMDes Didorong Lahirkan Produk Unggulan

Redaksi Lombok Post

Anggota Dewan Terpilih Ditetapkan

Redaksi Lombok Post