Lombok Post
NASIONAL

Poltekpar NTB, ITCC, dan CYUT Taiwan Jalin Kerja Sama

GO INTERNASIONAL: Dari kiri-kanan, Alfian Yusni, Direktur Lombok Post, Dr Hamsu Hanafi, Dr Tao-Ming Cheng, Dr Farid Said dan Andre Sugianto, foto bersama di CYUT Taiwan.

TAIWAN-Politeknik Pariwasata (Poltekpar) NTB bersama Yayasan Indonesia Tionghoa Culture Center (ITCC) menjadi tamu penting dalam perayaan 25 tahun Chaoyang University of Technology Taiwan. Kedua institusi ini juga melakukan MoU dengan kampus tersebut.

”Kerja sama ini menjadi langkah penting kami untuk mengembangkan kampus,” kata Direktur Poltekpar NTB Dr Hamsu Hanafi, usai acara penandatanganan kerja sama di Kampus CYUT Taiwan, kemarin (29/3).

Hamsu menerangkan, langkah terdekat Poltekpar NTB setelah MoU terlaksana adalah mengirim para dosen menimba ilmu di CYUT Taiwan.

”Semoga tahun ini kami bisa langsung mengirim (dosen,red),” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden CYUT Taiwan Dr Tao-Ming Cheng mengatakan, pihaknya siap dan sangat terbuka untuk membantu pengembangan Poltekpar NTB.

”Kami sangat terbuka untuk berbagi informasi dan pendidikan khususnya di bidang pariwisata. Kami mendukung,” ujarnya.

Cheng menerangkan, sejak tahun 1997, kampus yang terletak di Kota Taichung ini memiliki program studi berkaitan pariwisata yang tergabung dalam fakultas manajemen.

“Didalamnya ada program studi leisure, rekreasi, dan tourism manajement,” terangnya.

Cheng menambahkan, semua program tersebut bisa dimanfaatkan oleh Poltekpar NTB.

Andrean Sugianto, Direktur Yayasan ITCC yang juga terlibat dalam MoU dengan CYUT Taiwan, berharap Kampus Poltekpar NTB bisa go internasional.

”Kerja sama antara Poltekpar dengan CYUT ini bisa terlaksana dengan mudah karena mempunyai banyak kesamaan,” katanya.

“Salah satunya, adalah letak kedua kampus ini sama sama terletak di destinasi wisata dan sama sama kepulauan,” ujar pria yang akrab dengan panggilan Andre So ini.

Terkait kerja sama yang terjalin antara ketiga institusi pendidikan tersebut, Andre So berharap dapat segera terjadi pertukaran baik dari mahasiswa hingga dosen pengajar.

Selain itu, tambahnya, program beasiswa yang berada di ITCC dapat lebih terbuka lebar lagi.

”Tahun lalu, melalui ITCC kami mengirimkan tiga orang angkatan pertama. Saya harap tahun ini bisa meningkat lagi. Terutama anak-anak asal NTB,” harap pria yang fasih berbahasa mandarin ini.

Andre So juga berharap program beasiswa milik Gubernur NTB bisa menjaring minat anak-anak NTB untuk kuliah di CYUT Taiwan.

Di tempat yang sama, Farid Said, Wakil Direktur Poltekpar NTB yang turut hadir dalam penandatanganan MoU tersebut menambahkan, Poltekpar NTB juga bisa menjadi jembatan bagi para orang tua di NTB yang ingin menguliahkan putra-putrinya di CYUT Taiwan.

”Tidak hanya untuk mahasiswa Poltekpar saja. Tapi kami harap bisa membantu bagi yang berminat kuliah di sini (CYUT Taiwan, red), imbuhnya.

Di sisi lain, Pihak CYUT juga memberikan beasiswa untuk mereka yang ingin melanjutkan S3 (Phd), dari ilmu tehnik, bisnis, komputer dan desain.

”Beasiswanya mencakup biaya asrama, dan setiap bulan dapat biaya hidup 10.000 NT (Rp 5 juta,red),” kata presiden CYUT. Bagi yang berminat bisa melalu ITCC.

Prioritas Mahasiswa Muslim

Salah satu jaminan yang membuat mahasiswa yang beragama Islam menuntut ilmu dengan nyaman di tempat ini adalah bentuk perhatian yang diberikan oleh pihak kampus.

”Kami secara bertahap juga mempelajari apa yang dimaksud dengan halal. Dimulai dengan memberikan prioritas kepada mahasiswa kami yang memeluk Islam,” kata Wen-der Yu, Asisten Wakil Presiden CYUT Taiwan bidang Hubungan Internasional, kepada Lombok Post, kemarin.

Bersama Direktur Poltekpar NTB dan Wakil Direktur Poltekpar NTB, penulis diajak oleh Wen-der Yu untuk melihat fasilitas khusus untuk mahasiswa muslim yang sudah dimiliki kampus tersebut. Yaitu dapur muslim dan musala.

Saat ini, terdapat enam orang mahasiswa muslim asal Indonesia yang berkuliah di CYUT Taiwan.

”Kami juga meminta masukan dari kalian bertiga, agar kami bisa terus melakukan perbaikan sehingga mahasiswa muslim lebih nyaman lagi belajar di sini,” pintanya. (iju/r8)

Berita Lainnya

Jokowi dan Sandi Langsung ke Saudi

Redaksi LombokPost

Jangan Ada Hoax dan Kecurangan! SBY dan Ibu Ani Nyoblos di Singapura

Redaksi LombokPost

Sisi-Sisi ”Capres-Cawapres Juga Manusia” dalam Rangkaian Debat Pilpres 2019

Redaksi LombokPost

Adu Kuat Babak Akhir, Jokowi Ma’ruf Akan Sajikan Hal Baru, Prabowo-Sandi Mengalir Tanpa Hafalan

Redaksi LombokPost

Prabowo Janjikan Perubahan di Depan Lautan Manusia

Redaksi LombokPost

Kampanye 01 Dibalut Karnaval Budaya

Redaksi LombokPost

Apel Tolak Racun Demokrasi

Redaksi LombokPost

Logistik Pemilu Mulai Masuk PPK

Redaksi LombokPost

2 Tahun Tersangka, Markus Nari Ditahan

Redaksi LombokPost