Lombok Post
Politika

KPU dan Bawaslu Diminta Usut Tuntas Kasus di Malaysia

MATARAM-Temuan surat suara sudah tercoblos, padahal pemilihan baru dijadwalkan 14 April mendatang di Malaysia harus menjadi atensi KPU dan Bawaslu.

Ketua Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) NTB Lalu Aksar Ansori mengatakan pihaknya sudah mendapat konfirmasi dari KPU RI. KPU RI memandang ini persoalan yang serius.

“Mereka sudah menurunkan tim untuk mencari data dan fakta dari lapangan, serta terus berkoordinasi dengan Bawaslu. Jika terbukti, maka KPU akan mengambil langkah sesuai UU yang berlaku,” ujarnya, kemarin.

Aksar berharap jika terbukti ada kesalahan PPLN, maka PPLN semestinya dipecat dan diganti. KPU dan Bawaslu juga harus memroses tipilu. Melakukan perbaikan prosedur mulai dari logistik hingga pungut hitung melibatkan panwas LN (luar negeri) secara utuh.

Terkait dampak pada elektabilitas capres-cawapres, Aksar menilai kasus ini tidak akan berdampak. Jika KPU dan Bawaslu mampu mengungkap kasus ini secara tuntas dan mengambil langkah-langkah hukum yang tepat.

“Hikmah yang bisa diambil agar penyelenggara pemilu di luar negeri dan di dalam negeri bekerja lebih profesional dan berintegritas. Ini harus dilakukan agar publik benar-benar percaya dengan proses dan hasil pemilu ini,” tandasnya.

Terpisah, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Taufan Rahmadi berharap KPU benar-benar serius menginvestigasi hal ini. Jangan sampai ini menjadi preseden buruk pemilu. “Presiden juga harus menginvestigasi kemungkinan ada keterlibatan dubes Indonesia di Malaysia,” katanya.

Jika nanti terbukti ada keterlibatan dubes dalam kasua ini, maka BPN meminta presiden untuk mengganti dubes Indonesia di Malaysia. Ini merupakan bentuk pertanggungjawaban moral. “Kita tidak ingin ada kecurangan di pemilu. Jadi pemerintah harus tegas. Agar pemilu bisa berjalan bersih dan lancar,” pungkasnya. (puj/r2)

Berita Lainnya

Isyarat Wartiah untuk Muzihir

Pamor Mohan Bikin Gentar

Delapan Perkara Menanti KPU NTB di MK

Redaksi LombokPost

Menengok Garuda Emas NTB Usai Kabar Penangkapan

Redaksi LombokPost

22 Mei, NTB Kondusif!

Evi Buka Rahasia Foto Cantiknya

Laporan Farouk Kedaluarsa

BN KMA: Ini Kemenangan Rakyat!

Jangan Terpengaruh Ajakan Rusuh