Lombok Post
Headline Selong

Bupati Berharap Partisipasi Pemilu 2019 di Lotim di Atas 75 Persen

TINGKATKAN PARTISIPASI: Bupati Lotim HM Sukiman Azmy sedang memberikan sambutan dalam silaturrahmi kambtibmas di Mapolres Lotim, Sabtu (13/4) lalu.

SELONG-Selain berjalan aman, tingkat partisipasi dalam Pemilu 2019 diharapkan meningkat. Bupati Lotim HM Sukiman Azmy mengatakan keberhasilan pemilu ditentukan oleh persentase masyarakat yang memilih. “Persentase harus di atas 75 persen. Kalau masih 75 atau di bawahnya, itu belum berhasil,” kata Sukiman saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi kamtibmas yang digelar Polres Lotim, Sabtu (13/4) lalu.

Dalam acara yang dihadiri oleh camat dan kades se-Lotim itu, Sukiman mengajak semua pihak untuk memilih. Semua pihak harus menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak suara. Tiga atau dua menit di balik bilik suara menentukan masa depan bangsa dan negara dalam lima tahun ke depan. “Katakan pada masyarakat, mereka yang tidak ikut memilih, berarti tidak bertanggung jawab akan keberlangsungan bangsa ini,” terangnya.

Selain melakukan sosialisasi, Sukiman juga menyampaikan beberapa hal teknis yang bisa dilakukan pemdes. Hal itu berupa mengumumkan akan adanya pemilu dari speaker masjid. Selain itu, pihak penyelenggara juga dianjurkan membuat TPS semenarik mungkin. Sehingga dapat membuat warga tertarik untuk datang memilih. “TPS dan petugasnya  harus menarik. Sehingga semakin menarik TPS-nya, semakin banyak masyarakat yang hadir,” ujarnya.

Sukiman juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Ia menerangkan, jika selama ini partai politik hanya memberikan sosialisasi terkait partainya saja. Namun tidak secara menyeluruh.

Oleh karena itu, ia berharap semua pihak terus memberikan sosialisasi terkait pentingnya menggunakan hak suara. Juga mengenai tata cara. “Karena memang pemilihan kali ini berbeda. Kertas suaranya banyak dan besar-besar,” terangnya.

Kapolres Lotim AKBP Bagus Winarta dalam silaturahmi tersebut menerangkan, dari survei awal yang dilakukan, masyarakat yang mengetahui tentang adanya pemilu di 17 April mendatang masih 60 persen. Namun bukan berarti jumlah tersebut akan berhenti di sana. Dengan adanya sosialisasi yang terus menerus dilakukan dalam sisa beberapa hari, diharapkan capaian di atas 75 persen bisa tercapai

Terkait keamanan, sebanyak 800 personel di tambah sekitar 300 bantuan dari Polda akan turun ke semua TPS. “Saat ini kita juga sedang fokus mengamankan proses pengiriman logistik ke setiap Kecamatan,” kata Bagus Winarta.(tih/r7)

Berita Lainnya

Kelelahan, Enam PPS Tumbang

Redaksi LombokPost

PSU Rentan Money Politic

Redaksi LombokPost

Calon Pejabat Mulai Diseleksi

Redaksi LombokPost

Kinerja Dewan Mengecewakan, Pembahasan Raperda Sangat Minim

Redaksi LombokPost

Edukasi Warga lewat Game Android

Redaksi LombokPost

Telkomsel Optimalkan Jaringan di Lebih dari 1.400 Titik Penting

Redaksi Lombok Post

Gubernur: Jangan Ada Dendam Politik!

Redaksi LombokPost

Dikbud Gagalkan Pernikahan Dini Jelang UN

Redaksi LombokPost

Kepala Disnakertrans Paling Diminati

Redaksi LombokPost